Tuesday - July 7th, 2009
Home | Versi Cetak | Suara Anda | Layanan Media | Hubungi Kami
Pepaya Hawai, Manisnya Tahan Lama di Lidah
Post Info Tuesday, July 7th, 2009 15:46 by agroindonesia Print Print this page

Bagi penggemar buah-buahan di dalam negeri, pepaya bukanlah nama asing bagi mereka. Apalagi di antara buah-buahan yang banyak beredar, pepaya merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Diakui, hingga saat ini, belum banyak jenis pepaya yang beredar di pasar di Jakarta. Hanya ada dua jenis pepaya yang paling banyak beredar dan dikonsumsi masyarakat, yakni, pepaya lokal (lebih sering disebut sebagai pepaya bogor) dan pepaya bangkok.

Pepaya lokal, kebanyakan dipasok dari wilayah Pasar Minggu, Depok dan Bogor. Sedangkan pepaya bangkok, kebanyakan didatangkan dari kawasan Malang, Jawa Timur.

Di pasaran, harga jual kedua jenis pepaya tersebut berbeda. Pepaya bangkok kebanyakan dijual berdasarkan bobotnya. Di Pasar Induk Kramat Jati, misalnya, pepaya bangkok dijual dengan harga Rp2500/kg. Sementara pepaya lokal, kebanyakan dijual pedagang tanpa perhitungan bobot dari buah itu.

“Pasar pepaya di dalam negeri memang saat ini masih dikuasai oleh kedua jenis pepaya tersebut,” ujar Syamsul Hadi, pemasok buah-buahan lokal dan impor.

Menurutnya, kedua jenis pepaya tersebut banyak diminati masyarakat karena harga jualnya masih bisa dijangkau oleh kebanyakan masyarakat di negeri ini.

Di luar kedua jenis pepaya ini, ungkapnya, sebenarnya ada jenis pepaya lainnya yang juga beredar di pasar buah-buahan. Jenis pepaya ini dikenal dengan julukan pepaya hawai.

“Pepaya ini juga sudah banyak peminatnya di dalam negeri,” ujar Syamsul.

Pepaya hawai memiliki bentuk yang berbeda dengan kedua jenis pepaya yang lebih banyak dikenal lebih dulu oleh masyarakat. pepaya hawai memiliki bentuk yang lebih kecil dari bentuk pepaya lainnya.

Pepaya yang berasal dari Kepulauan Hawai ini lebih tepat disebut pepaya “solo”. Artinya, pepaya yang habis dimakan hanya untuk satu orang. Hal dikarenakan adanya keistimewaan dari pepaya tersebut, yakni ukurannya yang kecil.

Berat buahnya hanya sekitar 0,5 kg. Bentuknya agak bulat atau bulat panjang. Kulit buah yang telah matang berwarna kuning cerah. Daging buahnya agak tebal, berwarna kuning, dan rasanya manis segar.

“Karena bentuknya yang kecil, pepaya hawai mungkin bisa disebut sebagai kecil-kecil si cabe rawit,” paparnya.

Pepaya hawai memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pepaya lainnya. Walaupun ukurannya lonjong dan kecil tetapi, ungkapnya, namun pepaya hawai memiliki tingkat rasa manis lebih tinggi daripada pepaya biasanya bahkan bila dibandingkan dengan pepaya bangkok.

“Pepaya california dan bangkok memang mempunyai tingkat kemanisan yang lumayan tinggi, tetapi pepaya hawai tetap lebih unggul,” jelasnya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh pepaya hawai ini adalah memiliki affertase yaitu rasa yang tetap terbawa diindra pengecap bahkan rasa legitnya terbawa sampai 3 jam setelah mengkonsumsi buah tersebut.

“Karena keunggulannya ini, pepaya hawai menjadi buruan dan diincar para penggila buah-buahan di dalam negeri,” ucapnya.

Selain di dalam negeri, buah pepaya jenis tersebut juga sudah sejak lama menjadi santapan utama penggemar buah pepaya yang berada di luar negeri.

Karena pasokannya masih sedikit, harga jual pepaya hawai jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga jual jenis pepaya lainnya. Selain itu, pepaya hawai juga hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu saja, yakni toko buah-buahan dan supermarket.

Soal harga jual, Syamsul mengaku mematok harga jual ke toko-toko buah sekitar Rp6.000-an/kg. Sementara toko-toko buah menjualnya lagi ke konsumen dengan harga minimal Rp10.000/kg.

Selain untuk konsumsi dalam bentuk buah segar, banyak juga konsumen yang membeli buah pepaya hawai yang matang untuk diolah menjadi saus pepaya.

Menurutnya, mahalnya harga jual yang jauh lebih mahal tersebut memang sebanding dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pepaya hawai.

“Ya, ada harga ada rupa. Harga tidak bisa membohongi lah,” paparnya.

Dia memperkirakan harga jual pepaya hawai dapat lebih murah jika budidaya pepaya tersebut di Indonesia banyak dilakukan oleh kalangan petani pepaya. B Wibowo

papaya-hawaii


Potensial Dibudidayakan di Indonesia

Kondisi lahan Indonesia, yang terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah, menjadikan negeri ini sebagai tempat yang cocok untuk melakukan budidaya pepaya, termasuk pepaya hawai.

Menurut sejumlah literatur, ungkap Syamsul Hadi, budidaya pepaya hawai  dapat dilakukan di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m dpl (di atas permukaan laut).

Tanaman ini lebih senang tumbuh di lokasi yang banyak hujan, curah hujan 1000-2000 mm/tahun dan merata sepanjang tahun.

Walaupun begitu, tanaman pepaya juga masih bsia tumbuh di daerah yang beriklim kering, musim hujannya 2-5 bulan, dan musim kemaraunya 6-8 bulan, asalkan kedalaman air tanahnya 50-150 cm.

Budidaya tanaman pepaya hawai dapat memberikan hasil maksimal jika dilakukan di tanah yang subur dengan porositas baik, mengandung kapur, dan ber-pH 6-7.

Tanaman ini juga lebih menyukai daerah terbuka (tidak ternaungi) dan tidak tergenang air. Tanah yang berdrainase tidak baik menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit akar.

Pepaya  hanya diperbanyak dengan bijinya yang berwarna hitam. Biji yang berwarna putih dibuang karena bersifat abortus, yakni tidak mempunyai embrio dan mati sejak buah pentil.

Menurut Syamsul, biji diambil dari buah pepaya sempurna yang telah matang pohon.

“Untuk menghasilkan tanaman sempurna, sebaiknya biji yang akan dibiakkan diambil dari bagian ujung buah pepaya yang telah matang pohon,” paparnya.

Berdasarkan literatur, biji-biji dari bagian ujung buah akan menghasilkan tanaman sempurna antara 70-80%, sedangkan bagian pangkal menghasilkan tanaman sempurna antara 50%-65%.

Dalam perbanyakannya, biji disemaikan dulu atau ditanam langsung. Budi daya tanaman Pepaya ditanam dari biji terpilih. Biji disemai di polibag kecil dan ditanam di kebun setelah berumur tiga bulan.

Seleksi dilakukan saat tanaman mulai berbunga. Dalam seleksi ini dipilih tanaman yang hanya berbunga sempurna. Seleksi ini dapat dilakukan di kebun atau saat di pot. Lubang tanam dibuat berukuran 60 cm x 60 cm x 40 cm, kemudian diisi pupuk kandang yang telah matang sebanyak 20 kg/lubang. Jarak tanam dibuat 3 m x 3 m atau 13,5 m x 2 m.

Umumnya, tanaman mulai berbunga setelah berumur tiga bulan. Bunga sempurna muncul setelah bunga ke-4.

Cara penanaman lain yang biasa dilakukan petani adalah menanam biji pepaya langsung ke dalam lubang tanam, tiap lubang ditanam 3-5 biji. Setelah bibit berumur sekitar tiga bulan, biasanya bunga jantan mulai tumbuh. Setelah itu, dilakukan seleksi, yaitu membuang tanaman berbunga jantan.

Dalam melakukan budidaya pepaya, juga perlu diperhatikan serangan hama atau penyakit. Hama yang sering menyerang tanaman pepaya pada musim kemarau adalah tungau merah (Tetranychus kansawai) dan kutu daun yang berwarna kuning (Myzus persicae).

“Kutu daun ini sangat ditakuti petani pepaya karena sulit diberantas,” kata Syamsul. B Wibowo

8 Responses to “ Pepaya Hawai, Manisnya Tahan Lama di Lidah ”

  1. amin widjaja

    Met kenal p syamsul

    Sy tertarik akan budidaya Pepaya Hawai, ada beberapa yg saya ingin tanyakan :
    1. Pada umur brp bisa mulai panen?
    2. Dimana saya bisa mendapatka bibitnya dan brp harganya?
    tks

    rgd
    Amin Widjaja

  2. hendra

    met knal…

    sy tertari tentang pepaya hawai ini…
    sy ingin tau dimana saya bisa memperoleh bibitnya?

    thanx

  3. AZIZ

    bagi ibu atau bapak yang memebutuhkan benih pepaya california atau hawaii dalam bentuk biji silahkan kontak saya di no 9817-782122 atau 0813-82705371

  4. imam

    kami siap suplai pupuk kandang dari kotoran sapi, ayam dan kambing jumlah besar siap kirim keluar kota 081373036134 jakarta

  5. sukardi

    5F pak saya pngin budidaya pepaya HAWAI/CALIFORNIA bisa bantu gak pak syamsul???????
    saya pngn sekali budidaya pepaya trsbt

  6. Teguh Trie Waloyo

    jual bibit siap tanam/ maupun benih berbagai jenis pepaya eksklusive,.
    hub; TEGUH
    cp ; 081391769060

  7. dika andy

    Lam kenal pak! saya tertarik budidaya pepaya hawaii,bisa bantu teknik budidayanya pak!!

  8. SURYADI

    pak kalau saya bertani pepaya nanti jual kemana bisa g kasik informasi pedagang yang mengambil dalam jumlah besar, terima kasih pak sebelum.