Kemenperin Terus Promosikan Produk Furniture

0
43

Kementerian Perindustrian akan terus menggelar kegiatan promosi untuk mempopulerkan produk furniture di tingkat nasional dan internasional dengan memfasilitasi pelaku industri untuk mengikuti pameran baik yang digelar di dalam negeri maupun luar negeri.
“Langkah ini kita ambil selain untuk memperkenalkan produk kita di pasar internasional juga untuk meningkatkan target ekspor dan produksi sehingga industri ini dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perolehaan devisa negara dan penyerapan tenaga kerja,” kata Dirjen Industri Agro, Panggah Susanto, di selah penjelasan mengenai pameran IFEX 2015 di Jakarta, Selasa (15/7)
Menurut Panggah,tren furniture dunia yang terus berubah dan berkembng menuntut perhatian tersendiri dari para pelaku ini. Diperlukan usaha ekstra keras untuk terus memperbaruhi desain produk furniture sesuai tren terkini sekaligus tetap berciri khas Indonesia.
“Daya saing industri furniture dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan serta didukung oleh keragaman dan corak yang berciri kahas lokasi serta ditunjang oleh SDM yang cukup kompeten,” paparnya.
Data Kemenperin menunjukkan nilai ekspor furniture kayu pada tahun 2013 mencapai US$ 1,26 miliar dan rotan olahan US$ 188 juta. sementara hingga bulan Maret 2014 ini, ekspor furniture kayu mencaai US$ 314,72 juta dan rotan olahan sebanyak US$ 48,17 juta. Diharapkaan nilai ekspor furniture kayu dan rotan olahan dalam lima tahun kedepan mencapai US$ 5 miliar. buy