Kapal Laut Khusus Ternak

0
385

Salah satu penyebab kenaikan harga bahan pangan, seperti daging sapi, adalah panjangnya rantai distribusi. Akibat panjangnya rantai sistribusi, pasokan sapi ke daerah-daerah yang membutuhka menjadi lebih lama dan memakan biaya yang cukup besar. Akhirnya, kondisi ini mengakibatkan harga daging sapi mengalami kenaikan, terlebih menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Untuk mengatasi panjangnya ratai distribusi, tentunya pemerintah bersama dengan pihak-pihak terkait harus segera memangkas rantai distribusi tersebut agar pengiriman sapi dan daging sapi ke daerah menjadi lebih cepat dan murah.

Nah terkait upaya mamangkas rantai distribusi sapi ini, saya teringat kebijakan sejumlah instansi pemerintah beberapa tahun lalu yang ingin memangkas rantai distribusi itu. Misalnya saja penyediaan kapal laut khusus atau kereta khusus untuk angkutan ternak.

Namun sampai sekarang belum terlihat danya gebrakan dari sejumlah instansi pemerintah untuk merealisasikan angkutan kapal laut dan kereta api khusus ternak. Padahal, banyak pihak yang mengharapkan adanya kapal laut khusus ternak terutama mengangkut sapi dari NTT,NTB dan pulau yang populasi sapinya banyak. Karena program ini sudah dicanangkan beberapa tahun, saya mengharapkan agar instansi-instansi terkait, seperti Kementerian Perhubungan, untuk segera merealisasikan oprasional kapal laut dan kereta khusus ternak.

Jika memang ditemukan adanya kendala dalam penyediaannya, tentunya hl itu jangan disimpan saja. Sebaiknya kendla-kendala yang ada di lapngan dalam penyediaan kapal laut dan kereta khusus itu harus dibeberkan agar ditemukan jalan keluarnya.

Jaelani Sutarno
Brebes