AMKRI : Desain dan Produk Inovatif Kunci Sukses Bersaing di Pasar

0
191

Desain dan pengembangan produk inovatif merupakan kunci sukses bersaing di pasar global. Untuk itulah pada penyelenggaraan IFEX 2016 AMKRI menggelar seminar desain bertaraf internasional dengan tema “ Reimagining Craft & Desain in Asia”. Seminar ini membahas mengenai potensi dan peluang serta trend untuk pengembangan furniture design di dunia.

“Narasumber yang dipilih adalah para pembicara yang memiliki kelas dunia, dan juga dapat menyampaikan mengenai keunggulan material dan craftmanship Indonesia serta kaitannya dengan nilai lebih terhadap karakter tradisional Asia dalam posisinya di dunia,” kata Sekjen AMKRI, Abdul Sobur, Sabtu (12/03).

Menurutnya, ada tiga tujuan dari kegiatan seminar tersebut. Pertama, meningkatkan wawasan akan trend desain furniture di dunia. Kedua, melihat peluang pengembangan desain yang akan datang. Ketiga, memahami potensi keunggulan desain Asia dan peluang nilai tambah melalui potensi skill dan material dari industri mebel di Indonesia.

Adanya pengembangan desain dengan konsep baru merupakan suatu keniscayaan saat ini. Era teknologi digital dan modern di dunia ini adalah masa yang tak terelakkan. Adalah penting untuk dapat melihat visi dan posisi akan craftmanship, sebagai sektor unggulan penghasil produk kerajinan dan mebel yang dibuat di negara-negara Asia.

“Visi akan masa depan, berkaitan dengan bagaimana membuat craft tetap eksis dan bertahan, serta kemungkinan akan kombinasi antara craft dan teknologi untuk menanggulangi tantangan yang kita hadapi sekarang,” papar Sobur.

Dia mengatakan, para pembicara di seminar tersebut adalah Golf Jakkapun Charinrattana (Golf JC Studio, Thailand), Julian Reuter (Out for Space, Germany), Zhu Xiaojie (Opal Furniture, China) ,Alvin Tjitrowirjo (Alvin T, Desainer Produk dan Interior Internasional), Budi Pradono (BPA Studio, Arsitek Internasional) dan Tri Anugerah (BDA Design, trend researcher)

“Desainer Indonesia yang dipilih adalah desainer yang telah memiliki citra serta dikenal di dunia internasional, berkarya dengan produk berbasis bahan baku lokal dan menjadi cermin kebanggaan talenta bangsa Indonesia di dunia,” jelasnya.

Sobur mengungkapkan, mengingat Indonesia sudah menghadapi era MEA, maka penting untuk melihat sepak terjang dan perkembangan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. Beberapa desainer yang direkomendasikan, adalah mereka yang telah menjadi ikon di negaranya dan dengan kemampuan untuk penetrasi terhadap pasar desain maupun produk mebel dunia.

Dalam hal desain dan pengembangan produk inovatif, AMKRI mengharapkan tersedianya fasilitas penunjang untuk melakukan kegiatan pengembangan desain (Design Center) sekaligus perlindungan desain (HAKI) di wilayah-wilayah basis industri sebagai syarat terjadinya kemandirian dalam hal desain yang dikelola secara komprehensif dan berkesinambungan. Hal ini mutlak diperlukan sebagai syarat utama terbentuknya kemampuan daya saing industri yang ditopang oleh kualitas desain produk yang layak pasar.

Untuk itu AMKRI mengajak berbagai instansi terkait untuk mewujudkan hal di atas, di antaranya: Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, Kementerian KUKM, Kementerian Hukum dan HAM, Asosiasi, dan Pemda. Buyung