Duh, Ratusan Jenis Burung di Indonesia Terancam Punah

0
271
dara-laut china (foto: burung indonesia)

Sebanyak 160 jenis burung di Indonesia saat ini menyandang status Terancam Punah, sementara 92 jenis lainnya berstatus Rentan, 40 jenis berstatus Genting, dan 28 jenis berstatus Kritis.

Demikian pernyataan pers Burung Indonesia yang dikutip Agro Indonesia, Kamis (23/3/2017). Selain karena penangkapan dan perdagangan, deforestasi merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi status keterancaman populasi burung di alam.

Ferry Hasudungan, Biodiversity Conservation Specialist Burung Indonesia menjelaskan, burung merupakan jenis satwa yang keberadaannya sangat terpengaruh oleh alih guna lahan hutan, terutama pada lahan-lahan perkebunan kelapa sawit dan karet. Hilangnya pohon hutan dan tumbuhan semak, menyebabkan hilangnya lokasi bersarang, berlindung, dan tempat sumber pakan berbagai jenis burung. “Padahal dalam relasi ekosistem, burung memiliki peran yang amat penting,” kata dia.

 

Ferry menuturkan, tugas penyerbukan, penyebaran biji, dan pengendalian hama secara alamiah dilakukan oleh burung. Oleh sebab itu, keanekaragaman jenis burung mencerminkan keanekaragaman hayati di dalam hutan serta menjadi indikator kualitas hutan itu sendiri. Sugiharto