Hadir di pelantikan pengurus Kagamahut, Ini pesan Menteri Nurbaya

0
162
Menteri LHK Siti Nurbaya saat menyampaikan pidato pada Pengukuhan Pengurus Kagamahut 2016-2019

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya hadir saat pengukuhan pengurus Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada Fakultas Kehutanan (Kagamahut) periode 2016-2019 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (13/4/2017).

“Dukungan Kagamahut sangat penting dalam mewujudkan berbagai kebijakan terkini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” katanya.

Menteri Nurbaya menjelaskan, ada tiga peran alumni yang harus dijalankan. Pertama adalah memberikan umpan balik (feed back) ke kampus, kemudian memberi manfaat bagi masyarakat, dan ketiga membangun dan mengoptimalkan jaringan kerja.

Terkait dengan KLHK, Menteri menyatakan, saat ini ada perubahan paradigma kebijakan. Dari timber management ke ecosystem management. Dari konservasi hanya untuk konservasi, menjadi konservasi sebagai sumber pertumbuhan. Ada juga kebijakan tentang perhutanan sosial. “Semua yang ada di KLHK, scientific sensing-nya tinggi, dalam perumusan kebijakan. Jadi peran alumni sangat penting terkait perannya tadi,” kata dia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Kagama yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Kagamahut yang juga Sekretaris Badan Restorasi Gambut (BRG) Hartono, dan Ketua Harian Kagamahut yang juga Sekretaris Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung KLHK Murdiyono.

Sugiharto