KKP Klaim Ikan Berlimpah, Ini Penjelasan Menteri Susi

0
77
Ikan Tuna (pixabay.com)

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengklaim pemberantasan illegal fishing lewat berbagai kebijakannya telah berdampak positif terhadap hasil tangkapan.  Terutama ikan yang melimpah.

“Di Ambon. Di pinggirannya saja rata-rata sudah bisa nangkap ikan yang beratnya 4 kilogram. Di Ambon banyak orang nangkap ikan pakai tombak, bisa dapat 10-20 kilogram, saking banyaknya,” ujar Menteri Susi dalam diskusi bersama awak media di rumah dinasnya (6/4/2017).

Menteri Susi menegaskan kebijakan yang ditempuhnya ini demi keberlangsungan perairan Indonesia, seperti yang diamanatkan Presiden RI, Joko Widodo kepadanya. Jadi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak bermaksud mematikan kehidupan nelayan dan masyarakat perikanan. Pemerintah justru ingin menyelamatkan kehidupan nelayan dengan kebijakannya.

Susi pun minta masyarakat tidak terhasut dengan cerita-cerita lama. “Cerita lama yang kembali diulang-ulang. Yang katanya ABK dari 1.032 kapal eks asing menganggur itu harus dikoreksi,” sergah menteri asal Pangandaran, Jawa Barat ini. Fenny