Gelar OP, Perum Bulog Jual Bawang Putih Rp 36.000 Per Kilogram

0
102

Dalam upaya menekan harga komoditas bawang putih yang masih tinggi, Perum Bulog menggelar operasi pasar bawang putih dengan menjual komoditas itu di harga Rp 36.000 per kilogram. Harga OP ini jauh di bawah harga bawang putih yang saat ini di sejumlah wilayah mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Kegiatan OP bawang putih itu dilakukan secara serentak, Sabtu (13/05/2017) di lima pasar di wilayah DKI Jakarta, yakni Pasar Induk Kramatjati, Pasar Senen, Pasar Tomang Barat, Pasar Minggu dan Pasar Tanah Abang.

Mansur, kepala Perum Bulog Divre DKI Jakarta, mengatakan, OP ini merupakan inisiasi Perum Bulog dan Kementerian Perdagangan dengan tujuan agar harga pangan, khususnya bawang putih tidak bergejolak.

“Harga bawang putih di pasar masih tinggi untuk itu Bulog melakukan OP dengan harapan harga bawang putih cenderung turun menjelang Ramadhan,” katanya.
Mansur juga menjelaskan kalau bawang putih yang digunakan untuk OP ini adalah bawang putih asal Brebes, Jawa Tengah.
Untuk hari pertama OP, Perum Bulog menyediakan 24 ton bawang putih yang disebar ke pasar-pasar di wilayah DKI Jakarta.

Dia juga menjelaskan kalau pekan depan, Perum Bulog akan melakukan Gerakan Stabilisasi Pangan dengan menggelar OP untuk komoditas seperti beras, gula, minyak goreng, daging, bawang merah dan bawang putih. OP itu akan dilakukan di seluruh Indonesia dengan harapan harga komoditas bahan pangan akan stabil menjelang bulan Ramadhan.

Buyung