Ini Pesan Menteri Untuk Dirjen Konservasi

0
235
suasana pelantikan pejabat eselon I KLHK

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melantik tiga pejabat eselon KLHK, di kantor KLHK, Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (16/6/2017). Pejabat yang dilantik adalah Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Helmi Basalamah, dan Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi Hudoyo.

Secara khusus, Menteri LHK berpesan kepada Dirjen KSDAE untuk terus melakukan reorientasi nilai-nilai dan tata kelola konservasi. Ini perlu dilakukan karena keanekaragaman hayati harus dipertahankan meski menjadi sumber daya untuk membangun dan pertumbuhan wilayah.

Dia juga berpesan agar dalam kerja sama konservasi yang dibangun harus mengedepankan kepentingan Negara. Untuk itu, jangan ada kerja sama yang memberi kesetaraan hak dan kewajiban. “Fungsi Negara harus lebih tinggi, lihat lagi yurisdiksinya,” kata Menteri.

Selain itu, Menteri Nurbaya juga berpesan soal kebijakan reforma agraria dan perhutanan sosial yang kini sedang dijalankan. Dia meminta agar pengelola kawasan konservasi melakukan langkah persuasif dan pembinaan terhadap masyarakat termasuk masyarakat adat. “Tak bisa lagi sekadar membuat berita acara, kemudian lapor polisi,” katanya.

Sugiharto