Promosikan Energi Terbarukan

0
50
(kiri-kanan) Dirjen KSDAE KLHK Wiratno, Kepala BP2SDM KLHK Helmi Basalamah, dan Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi Hudoyo saat dilantik oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (16/7/2017).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meminta agar penggunaan energi terbarukan terus didorong.

Demikian pesan khususnya saat melantik Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi Hudoyo, Jumat (16/6/2017).

Menteri Nurbaya berpesan untuk selalu mengikuti dinamika Rancangan Umum Energi Nasional. Menteri meminta agar Hudoyo terus berkomunikasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terkait penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor energi. “Dorong terus pemanfaatan energi terbarukan,” katanya.

Selain Hudoyo, dalam kesempatan tersebut, Menteri Nurbaya juga melantik Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian LHK Helmi Basalamah dan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno.

Secara umum, Menteri Nurbaya berpesan, kepada pejabat Kementerian LHK untuk kreatif dan tidak sekadar business as ussual dalam bekerja demi tercapainya berbagai prioritas pembangunan nasional.

“Presiden meminta untuk melakukan percepatan dalam mencapaiprioritas nasional. Untuk itu kita harus kreatif dan tidak business as ussual dalam bekerja,” pesan Menteri Nurbaya.

Menteri juga mengingatkan fungsi penting dari birokrasi yang harus dijalankan. Pertama fungsi birokrasi. Menurut dia, sudah waktunya meninggalkan pola administrasi yang terindikasi dan bisa menimbulkan transaksi. Oleh karena itu, regulasi harus diperkuat.

Fungsi kedua adalah advice kebijakan. Menurut Menteri Nurbaya, saran terkait kebijakan yang diberikan kepada Menteri LHK harus tepat dan bisa dilaksanakan. Dia berharap seluruh pejabat memiliki kepedulian terhadap prioritas KLHK. “Jangan ada yang acuh, bukan urusan gue, apalagi sampai memelintir kebijakan,” katanya.

Fungsi ketiga adalah untuk mengartikulasi kepentingan. Menteri mengingatkan agar artikulasi kepentingan dilakukan demi kepentingan publik. Dia mengakui, dengan besarnya tanggung jawab dan bejibun masalah yang dihadapi KLHK, hal itu tidak mudah dilakukan. “Harus jungkir balik. Makanya saya nggak percaya kalau ada pejabat yang jam 3-5 sore sudah pulang,” katanya.

Hal lain yang dipesan Menteri Nurbaya adalah untuk menjaga stabilitas pemerintahan. Menteri mengingatkan agar pejabat KLH berhati-hati dengan dinamika politik yang saat ini berkembang. Dia meminta agar para pejabat ikut menjaga stabilitas pemerintahan dan tidak terbawa arus.

Sugiharto