Pengusaha Hutan Harus Cegah Kebakaran

0
123
Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo saat halal bihalal APHI

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Indroyono Soesilo mengajak perusahaan-perusahaan anggota APHI untuk bekerja keras mencegah kebakakaran hutan.

“Kita sepakat sampai akhir tahun 2017 tidak boleh ada kebakaran. Yuk kita kerja keras sama-sama untuk mewujudkan itu,” kata dia saat Halal Bihalal APHI di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Indroyono menyatakan, sejauh ini upaya yang telah dilakukan telah berhasil. Meski demikian, masih ada periode krusial yaitu di bulan Agustus dan September yang merupakan puncak kemarau. Setelah itu, musim penghujan mulai datang sehingga ancaman kebakaran hutan lebih rendah. “Kalau 2017 bisa bebas kebakaran, maka skornya sudah 2-0. Sebab berarti dua tahun berturutan, 2016-2017, tak ada kebakaran hutan besar,” kata dia.

Indroyono juga mengapresiasi langkah pemerintah yang mengubah mekanisme pendanaan untuk pengendalian kebakaran. Jika dulu anggaran untuk pengendalian kebakaran baru disiapkan saat kondisi dinyatakan ‘darurat’, kini anggaran sudah bisa dimanfaatkan dalam status ‘siaga darurat’.

Dia menjelaskan, dengan kesiagaan yang lebih awal, maka mekanisme hujan buatan dengan menyemai awan bisa dilakukan lebih cepat. Ini membantu meredakan titik panas. “Hujan buatan hanya bisa dilakukan di akhir musim penghujan sampai awal kemarau,” katanya.

Sementara itu Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan IB Putera Parthama yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan agar perusahaan anggota APHI melakukan upaya-upaya pencegahan kebakaran.

“Saat ini ujian bagi kita. Kalau sampai ada kebakaran, konyol benar. Jadi bagaimanapun caranya harus kita cegah kebakaran,” tegas dia.

Hadir dalam Halal Bihalal tersebut hadir Ketua Dewan Pengawas APHI Soegiono, Wakil Ketua Umum I APHI Rahardjo Benyamin, Wakil ketua Umum II APHI Bambang Supriambodo, Wakil Ketua Umum III APHI Imam Santoso dan segenap pengurus APHI lainnya.

Selain itu juga hadir Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Aryan Wargadalam, Ketua Umum Asosiasi Industri Kayu Pertukangan dan Kayu Olahan (ISWA) Soewarni, dan Sekjen Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO) AA Malik.

Sugiharto