Sepasang Panda Raksasa Tiba di Indonesia

0
54
Menteri LHK Siti Nurbaya melihat panda yang baru datang dari Tiongkok

Sepasang panda raksasa (giant panda) dari Tiongkok akhirnya tiba di Indonesia. Kedatangan panda bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) itu menjadi simbol eratnya persahabatan antara Republik Rakyat Tiongkok dan Indonesia

Sepasang panda itu diterbangkan langsung dari Chengdu, dan mendarat di terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Kamis (28/9/2017). Satwa dengan nama latin Ailuropoda melanoleuca itu merupakan salah satu satwa endemik, karismatik dan menjadi ikon Negara Tiongkok.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang langsung menerima kedatangan kedua satwa tersebut, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Tiongkok yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia.

Khususnya untuk kesempatan kerja sama breeding loan atau pengembangbiakan giant panda. “Kesempatan breeding loan merupakan bukti kepercayaan internasional khususnya Negara Tiongkok terhadap upaya pengelolaan konservasi eks situ di Indonesia yang telah menerapkan standar pengelolaan dan pemeliharaan satwa dilindungi di lembaga konservasi secara baik,” ungkap Nurbaya.

Kedatangan giant panda ini juga sebagai bentuk kerja sama diplomatik antara Pemerintah Tiongkok dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini State Forestry Administrative (SFA) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kerjasama ini sudah lama terjalin terutama dalam implementasi CITES. Sugiharto