Bantuan Alsintan Tingkatkan Produktivitas Pangan

0
39

Petani di Kabupaten Lampung Timur mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan). Bantuan alsintan itu ditujukan untuk meningkatkan produktivitas pangan di wilayah tersebut.

“Dengan bantuan ini diharapkan para petani dapat meningkatkan produksi hasil pertanian sehingga Lampung Timur menjadi lumbung pangan nasional,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam pernyataannya kepada pers di Lampung,  akhir pekan lalu

Amran menambahkan, Lampung Timur mempunyai lahan pertanian cukup luas dan memiliki iklim yang sangat cocok untuk menanam padi. Menurut data Kementan tahun 2017 produksi pangan meningkat 20% dan secara grafik mendapatkan nilai tertinggi di antara 15 kabupaten di Lampung.

Mentan berharap pada tahun 2018 pemerintah setempat  dapat bekerja keras memberikan penyuluhan secara rutin kepada para petani sehingga produksi pangan terus meningkat. Sedangkan, hasil dan kualitas padi Lampung Timur dapat bersaing dengan hasil panen di wilayah Jawa.

“Ditargetkan pada 2018 seluruh daerah dan provinsi,  komoditas pertanian akan mengalami peningkatan cukup tinggi karena pemerintah sudah melakukan terobosan baru dengan membuka lahan pertanian,” ungkapnya.

Selain produksi pangan, Mentan juga menyinggung harga, dimana sejumlah langkah diambil untuk  menstabilkan harga saat musim panen raya. Pasalnya, pemerintah telah melakukan pengawasan secara ketat sesuai keputusan Presiden Joko Widodo tentang standarisasi harga.

Pengawasan ketat itu  dapat mengurangi kecurangan di tingkat distributor dalam menaikkan harga di tingkat konsumen. “Jika swasembada pangan tercapai, maka tidak ada lagi permainan harga dan para petani akan sejahtera,” jelasnya.

Adapun bantuan alsintan yang diberikan Mentan yaitu berupa, hand tracktor, pompa air dan alat-alat pertanian lainnya

Sementara itu,  Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim mengatakan, potensi lahan pertanian di daerah Lampung Timur cukup luas. Hal tersebut, tidak hanya ditanami padi melainkan juga jagung.

Untuk itu, pemerintah Lampung bertekad untuk mendukung penuh program mempertahankan swasembada pangan dan tetap mengutamakan kesejahteraan petani.“Kesejahteraan petani itu yang utama dan menjadi perhatian pemerintah Lampung Timur,” katanya.Sabrina