Indonesia Dukung Inisiatif Fiji Untuk Cegah Perubahan Iklim

0
55
Menteri LHK SIti Nurbaya saat menyampaikan pernyataan Indonesia pada pertemuan tingkat tinggi Konferensi perubahan iklim (COP UNFCCC) ke 23 Fiji, yang berlangsung di Bonn, Jerman

Sebagai sesama Negara kepulauan, Indonesia mendukung inisiatif yang digalang Fiji untuk mencegah perubahan iklim.

Demikian dinyatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat menyampaikan pernyataan Indonesia pada sesi pertemuan tingkat tinggi Konferensi Perubahan Iklim (COP UNFCCC) ke 23, Kamis (16/11/2017). Fiji menjadi tuan rumah pada pertemuan yang berlangsung di Bonn, Jerman, itu.

“Indonesia juga menghadapi ancaman dari perubahan iklim seperti perubahan pola iklim dan kenaikan tinggi muka air laut, seperti juga Negara kepaulauan lain,” kata Menteri Nurbaya.

Itu menjadi alasan mengapa Indonesia mendukung Fiji sebagai presiden COP kali ini. Indonesia juga percaya “Talanoa Dialogue” yang diajukan Fiji yang mempromosikan inklusivitas, partisipasi, dan transparansi serta membangun empati sebagai modalitas penting untuk fasilitasi dialog yang berlaku tahun 2018.

Indonesia, kata Menteri Nurbaya juga mendukung inisiatif Fiji untuk memperkuat peran luat dalam mencegah perubahan iklim “Laut harus dilindungi karena menyimpan karbon dalam jumlah besar,” kata Menteri Nurbaya. Sugiharto