Partai Nasdem Lakukan Uji Petik Cara Kerja Cantrang

0
314
Hasil uji petik oleh Partai Nasdem untuk alat tangkap yang dilarang KKP

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) melakukan uji petik berbagai alat penangkapan ikan yakni cantrang, dogol, bulga, arad dan cotok apollo untuk memberi gambaran komprehensif alat tangkap yang dilarang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu.

Hasil uji petik berbagai alat penangkapan ikan itu sudah dilayangkan ke Istana Negara.  “Uji petik berbagai alat penangkapan ikan sudah kami laporkan ke Presiden RI, Joko Widodo, 20 Desember 2017,” kata Pengajar di Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Dr Nimmi Zulbainarni, di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Nimmi memang dilibatkan Partai Nasdem dalam proses uji petik itu. Nimmi dan rombongan memulai uji petik dogol dan bulga di Indramayu, Jawa Barat. Kemudian secara marathon ke Tegal, Rembang dan Lamongan untuk cantrang. Termasuk uji petik cotok apollo di Rembang dan arad di Lamongan.

Sayangnya, kata Nimmi, KKP tidak ikut serta dalam uji petik, 20-28 November 2017. “Partai Nasdem mengundang KKP untuk ikut uji petik alat tangkap yang dilarang, namun tidak ikut dengan alasan yang tidak diketahui.”

Kepala Bidang Pertanian dan Maritim, Nasdem, Emmy Hafild membenarkan pernyataan Nimmi. Dalam suratnya, 17 November 2017, partai politik yang didirikan Surya Paloh ini mengajak Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, KKP, Sjarief Widjaja untuk ikut terlibat dalam uji petik alat penangkap ikan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh minta KKP menunda dan mengevaluasi kebijakan larangan cantrang. “Kenapa harus ditunda? Karena kita perlu melakukan evaluasi dan kajian yang lebih mendalam,” kata Surya saat menerima perwakilan nelayan dari berbagai daerah  Pantai Utara Jawa di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Surya menegaskan partainya mendukung semua kebijakan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Namun ketika ada regulasi yang dirasa kurang pas untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat termasuk nelayan, Nasdem akan meminta evaluasi dan koreksi, termasuk larangan penggunaan cantrang.

Fenny