Pantau Hutan, KLHK Latih Pilot Drone.

0
300
Direktur Inventarisasi dan Pemantauan SDH KLHK Ruandha Agung Sugardiman secara simbolis menyematkan tanda peserta pada pembukaan Training Workshop Pemanfaatan Teknologi Drone Untuk Pemantauan SDH di Bogor, Selasa (9/1/2018).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melatih sejumlah petugas menjadi pilot pesawat tanpa awak atau drone untuk pemantauan sumber daya hutan (SDH).

Kepala Sub Direktorat Pemantauan SDH KLHK Sigit Nugroho mengungkapkan, tim pelatih berasal dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. “Pelatihan pilot drone kali ini melibatkan 32 peserta dimana 22 peserta berasal dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH)  seluruh Indonesia dan sisanya dari Kantor Pusat KLHK,” katanya saat pembukaan pelatihan di Bogor, Selasa (9/1/2018).

Pelatihan berlangsung 9-12 Januari 2018. Hutan Eco Edu Park di kawasan Sentul akan menjadi lokasi latihan praktik para peserta.  Pelatihan tersebut terselenggara dengan dukungan Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia dan Kemitraan. Pelatihan dibuka  Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK yang diwakili Direktur Inventarisasi dan Pemantauan SDH KLHK Ruandha Agung Sugardiman.

Sigit menyatakan penggunaan drone akan memperkuat Sistem Monitoring Hutan Nasional (Simontana)  yang saat ini bisa diakses secara daring (online).  “Penggunaan drone mendukung upaya monitoring, reporting, dan verification dalam pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca Indonesia,” kata Sigit. Sugiharto