Kementan Fokus Pada Peningkatan Produksi Pertanian

0
113
Mentan Amran Sulaiman di Rakornis Kementan 2018

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Perencanaan Pembangunan Pertanian 2019 di Jakarta, Selasa (20/02/2018).  Rapat berfokus pada pembahasan peningkatan produksi pertanian.

Menurut Amran, harus adanya sinergi antar dinas provinsi, kabupaten, dan kota untuk meningkatkan produksi pertanian. “Usulkan ke Gubernur dan Bupati, susun anggaran yang fokus pada peningkatan produksi,” kata Amran.

Amran menambahkan, anggaran 2019 akan fokus pada pertama, bibit unggul, baik perkebunan, hortikultura, dan pangan. Kedua, alat mesin pertanian, yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan produksi.

Ketiga, penyediaan air atau membuat embung. Keempat, packaging hasil produk pertanian yang menarik, hal tersebut agar dapat dijual langsung pada ritel, dan adanya perbaikan regulasi.

“Sampai dengan saat ini kami sudah mencabut 241 regulasi pertanian yang menghambat, bahkan kedepannya akan ada 50 regulasi yang akan dicabut,”  jelasnya.

Rapat tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Lingkup Pertanian Provinsi di seluruh Indonesia. Rapat Kordinasi Teknis ini mengangkat tema “Penguatan infrastruktur dan korporasi petani untuk percepatan pertumbuhan sektor pertanian berkualitas”. Sabrina