Mentan: Sinergi Kementan-Kemendag Bikin Harga Pangan Stabil

0
88
Mendag Enggartiasto Lukita dan Mentan Amran Sulaiman di Raker Kemendag 2018

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan sinergi yang bagus antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menghasilkan sejumlah pencapaian bagus.

Dia memberi contoh pada pengendalian harga bahan pangan pokok. “2017 harga stabil. Ini bagian dari strategi yang luar biasa antara Kementan dengan Kemendag,” kata Amran saat hadir pada Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Amran menjelaskan, capaian yang telah terlaksana diantaranya adalah stabilnya harga bawang. Selain itu juga untuk komoditas jagung yang tidak lagi ada impor. Demikian juga untuk beras yang tidak impor pada 2016-2017.

Amran menyatakan, capaian tersebut juga tak lepas dari program mekanisasi pertanian. Menurut dia, tanpa teknologi dan mekanisasi Indonesia tidak akan swasembada pangan. Penggunaan teknologi dan mekanisasi membuat petani lebih efisien dan efektif dalam bertani.

“Tanpa teknologi mekanisasi Indonesia tidak akan bisa mencapai swasembada pangan.  Tanpa menggunakan mekanisasi biasanya butuh 25 orang untuk panen. Sekarang 3 jam per hektar selesai,” katanya. Sabrina.