Infrastruktur Pertanian Tingkatkan Produktivitas

0
270
Diskusi ‘Komitmen dan Tantangan Ketahanan Pangan Nasional’, di Jakarta, Rabu (21/03/2018).

Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi menegaskan pentingnya infrastruktur pertanian yang baik untuk mendukung produksi pertanian pangan, terutama padi.

“Petani tidak dapat memproduksi dengan baik kalau infrastruktur pertanian tidak baik dan maksimal,” kata Fadholi saat acara ‘Komitmen dan Tantangan Ketahanan Pangan Nasional’, di Jakarta, Rabu (21/03/2018).

Fadholi mengungkapkan, untuk menjadikan Indonesia mencapai ketahanan pangan perlu didukung upaya dari hulu hingga hilir.  Menurut dia, masih banyak tantangan yang perlu diselesaikan untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya beras.

“Ketahanan pangan berkaitan dengan ketersediaan pangan. Masih banyak tantangan yang harus dibahas baik dari hulu sampai dengan hilir,” jelasnya.

Fadholi menyatakan dari tiga komoditas pangan yang menjadi fokus Kementerian Pertanian (Kementan) yaitu padi, jagung, dan kedelai yang menjadi sorotan utama adalah beras  dimana peningkatan produksi juga didukung dengan perluasan lahan pertanian.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi menjelaskan untuk mencapai ketahanan pangan perlu dilakukan peningkatan produksi. Dia menyatakan, Indonesia memiliki banyak potensi lahan yang isa dimanfaatkan.

“Indonesia masih memiliki peluang dimana luas lahan mencapai 8 juta hektare dapat menanam 2 kali dalam setahun,” ungkapnya. Sabrina