Industri Merugi Akibat BPOM Umumkan Ada Cacing di Ikan Kalengan

0
109
Konferensi pers Apiki

Ketua Harian Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia (Apiki) Ady Surya mengungkapkan 40 anggotanya menderita akibat pengumuman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang adanya 27 merk ikan makarel kalengan mengandung cacing.

“Konsumen sudah tidak percaya lagi dengan produk kami. Sebanyak 27 merk sudah tidak diproduksi lagi. Terpaksa ribuan karyawan dirumahkan. Kerugian pun mencapai milyaran,” kata Ady saat konferensi pers di Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (31/3/2018).

Meski demikian Dia enggan merinci kerugian yang diderita. Ady menambahkan 40 anggota APIKI siap memperbaiki diri jika terjadi kekeliruan dalam proses produksi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, pakar standarisasi mutu produk perikanan, Institut Pertanian Bogor, Sunarya berharap masyarakat mau mengerti bahwa tidak semua ikan dalam kaleng mengandung cacing.

“Ini musibah. Jarang terjadi,” ujar Sunarya.

Sunarya lalu menjamin cacing yang ada dalam ikan kalengan tidak berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, aman dikonsumsi.

“Cacing dalam ikan kalengan, tidak membahayakan kesehatan. Tapi memang masyarakat geli jika ada cacingnya,” kata Sunarya seraya menjamin semua bakteri akan mati, apalagi cacing. Karena ikan dalam kaleng disterilisasi. Fenny