Memacu Industri Kerajinan Tingkatkan Daya Saing

0
110

Industri kerajinan nasional membutuhkan karya produk yang bernilai inovatif, kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan pasar agar bisa terus mampu bersaing secara sehat di pasar dalam negeri, maupun mancanegara.

Untuk meningkatkan kinerja industri kerajinan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung  diberikannya apresiasi kepada para artisan atau perajin yang secara terus menerus menekuni bidang kerajinan yang produknya mampu bersaing dalam kompetisi global dalam bentuk INACRAFT Aaward.

“INACRAFT Award menjadi perwujudan apresiasi kreativitas, inovasi desain dan sebagai upaya meningkatkan iklim kompetitif yang mendorong berkembangnya lahirnya inovasi produk baru yang unggul di bidang kerajinan,” jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai pemberian penghargaan INACRAFT Award di Jakarta, Jumat (27/04).

Airlangga mengatakan INACRAFT Award menjadi bentuk penghargaan terhadap karya perajin Indonesia sekaligus ajang untuk meningkatkan pemahaman para perajin dalam menciptakan produk kerajinan khas Indonesia yang berkualitas sehingga dapat diterima oleh pasar global.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan INACRAFT Award 2018 ini, yang mendorong munculnya produk-produk kerajinan unggulan, baik dari segi desain, inovasi, berciri khas, dan memiliki kearifan lokal daerah di Indonesia serta berorientasi pasar,” tutur Menperin.

Sementara itu Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Gati Wibawaningsih yang juga menjadi salah satu Dewan Juri INACRAFT Award 2018 menghimbau para perajin untuk terus meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan produk, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing, yang tentunya akan meningkatkan eksistensi baik di kancah nasional maupun internasional.

“INACRAFT Award dapat menjadi sarana bagi perajin khusunya IKM dalam meningkatkan keterampilan, menambah wawasan dan berinovasi terutama dengan menggunakan sumber daya alam yang banyak tersebar di Indonesia,” tutur Gati.

Terdapat lebih dari 100 produk yang telah dipilih dari INACRAFT Award oleh hakim profesional yang telah menerima Certificate of Excellence dari UNESCO sejak keterlibatan ASEPHI dalam program ini.

Gati mengatakan, total ada tujuh kategori produk kerajinan yang akan dievaluasi, yaitu: keramik, serat alami, tekstil, kayu, batu, logam, dan bahan lainnya. Dari tujuh kategori ini, produk terbaik akan dipilih untuk menerima INACRAFT Award dan penghargaan khusus untuk Muncul Produk.Buyung N

Sejak tahun 2016, evaluasi INACRAFT Award mengambil format baru dalam aplikasi digital. Proses penjurian masih menerapkan format UNESCO tetapi setiap langkah pengumpulan dan menandai skor akan dilakukan oleh sistem digital, sehingga diharapkan untuk membuat proses input data mudah dan mempercepat proses penjurian, sehingga hasil yang telah masukan bisa langsung diketahui dan diharapkan dapat mengurangi kemungkinan kesalahan. Buyung N