Jika Harga Naik, Mentan Ancam Pelaku Usaha

0
126
Mentan Amran Sulaiman di Toko Tani Indonesia

Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan ke Toko Tani Indonesia (TTI). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok dan harga pangan terjangkau.

“Ini untuk memastikan stok dan harga pangan terjangkau,” jelas Amran di Jakarta, Jumat (18/05/2018).

Amran menjelaskan, saat ini tidak ada alasan kenaikan harga pada beberapa komoditas.  Pasalnya stok sudah dipersiapkan dua bulan sebelum Ramadan.

“Tidak ada alasan lagi untuk naik, telur sudah ekspor harga bagus, kemudian daging juga demikian. Jadi tidak ada alasan lagi untuk naik,” katanya.

Amran menegaskan, jika ada yang menaikkan harga kebutuhan pokok maka akan dikenakan teguran berupa pencabutan izin impor. Kalau ada hubungannya dengan impor daging, bawang putih maka tidak akan diberikan rekomendasi impor.

“Kementan panggil semua pedagang, kalau coba-coba naikkan harga.  Tidak akan diberikan rekomendasi dan tidak akan diizinkan lagi berbisnis,” ungkapnya.

Amran menegaskan agar jangan ada yang memainkan harga dan membuat gaduh serta  mempersulit di bulan Ramadan ini. “Justru bulan Suci Ramadan harusnya lebih rendah karena sudah menyiapkan strategi diatas 20%,” tegasnya.  Sabrina