Kementan Jalin Sinergi untuk Program ‘Bekerja’

0
51
Mentan Amran Sulaiman membuka Musrenbang Tannas

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbang Tannas) 2018. Musrenbang dilakukan untuk menyejajarkan program provinsi pusat dengan Kabupaten. Dimana tahun ini program “Bekerja” atau Bedah Kemiskinan dan Rakyat Sejahtera akan digencarkan.

“Musrenbang ini adalah mensinkronkan program pusat provinsi dan kabupaten karena ini harus sinergi,” jelas Amran di Jakarta, Senin (21/05/2018).

Amran menambahkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo ada 16 juta penduduk miskin di desa dapat mengurangi angka kemiskinan. Solusi permanen yang dilakukan yaitu meluncurkan ayam 10 juta ekor dengan jangkauan 1 juta Kabupaten.

“Satu rumah tangga  diberikan 50 ekor ayam kampung. Kurang lebih pendapatan masyarakat pra sejahtera 1,4 juta. Kalau diberikan ayam 50 ekor bisa meningkat 2,2 juta artinya dapat mengentaskan kemiskinan,” ungkapnya.

Amran berharap, program Bekerja mendapatkan respon yang positif dari Pemerintah Daerah (Pemda). Sehingga dampaknya dapat mengurangi angka kemiskinan di pedesaan melalui pemberdayaan petani miskin.

“Saya berharap Pemda dapat merespon positif sehingga bersama-sama mengurangi kemiskinan,” tegasnya. Sabrina