Gelar Pangan Nusantara Promosikan Pangan Lokal

0
351
Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi (kanan)

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mengadakan Gelar Pangan Nusantara (GPN) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan dan mengangkat pamor pangan lokal Nusantara.

GPN kali ini digelar di Jakarta, dan merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelunya dilakukan di Padang  pada tahun 2015 dan Pontianak tahun 2016.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menjelaskan, GPN  bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal sehingga mampu bersaing dengan produk pangan lainnya secara komersial.

“Melalui GPN, diharapkan produk pangan lokal Nusantara semakin dikenal dan digemari masyarakat, tetapi juga mampu bersaing dengan produk dari luar,” ungkap Agung saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Agung menegaskan, GPN ini juga bertujuan untuk mengurangi produk  pangan dari luar. GPN menjadi sangat penting sebagai salah satu sarana dan bentuk media untuk memperkenalkan produk pangan lokal kepada masyarakat  terutama konsumen dan industri pangan, untuk meningkatkan pemasarannya di dalam dan luar negeri.

“Komitmen Pemerintah baik pusat maupun daerah terus mendukung pengembangan industri pangan lokal. Sehingga menjadikan pangan lokal nusantara berdaya saing global,” jelas

Acara Gelar Pangan Nusantara akan berlangsung pada tanggal 27-29 Juli 2018 di Kartini Expo, Balai Kartini pada pukul 10.00 sampai 20.00 WIB. Pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat menikmati 350 produk pangan Nusantara secara gratis. Sabrina