Informasi Karhutla Disebar Lewat SMS

0
33
(tengah) Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Kominfo Rudiantara saat peluncuran layanan SMS Blas pengendalian karhutla, di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

KLHK bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan sistem informasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalaui layanan pesan singkat, SMS (SMS Blast) di Jakarta, Rabu (4/7/2018). Langkah ini diharapkan mendukung efektivitas pengendalian karhutla

Menteri LHK Siti Nurbaya menyatakan, kehadiran sms blast ini sebagai bagian dari sistem informasi dan teknologi yang membuat langkah-langkah pengendalian karhutla semakin sistematis. Instrumen kerja pengendalian karhutla pun akan semakin modern.

“Jadi dengan sms blast ini, kita mengangkat lagi dan lebih mendorong lagi kepedulian masyarakat, juga sebagai early warning system (sistem peringatan dini), serta untuk menambah gairah masyarakat dalam menjaga alam dan lingkungan, khususnya dari karhutla,” kata Nurbaya.

Melalui kerjasama ini, pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut mencegah karhutla. “Saya sungguh-sungguh percaya bahwa masyarakat kita sangat intens dan gandrung pada informasi. Terima kasih dan penghargaan tinggi untuk semua pihak yang telah berupaya bersama untuk menangani dan mengurangi karhutla dengan terus menerus memperbaiki sistem untuk pencegahan dan langkah-langkah mengatasinya,” ujar Nurbaya.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyambut baik kerjasama tersebut dan menyampaikan bahwa Kemenkominfo akan menyediakan sistem penyebarluasan informasi pengendalian karhutla. “Saya mengucapkan terimakasih kepada operator yang menyediakan layanan sms blast secara gratis. Jadi layanan ini tidak berbayar,” kata Rudi.

Sugiharto