Produk Kertas Kemasan APP-Sinar Mas Raih Penghargaan Berkelanjutan

0
284
Pabrik kertas

Produk kertas kemasan milik Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Foopak Bio Natura, menerima penghargaan “Sustainability Product of the Year” di ajang The Sustainability Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Business Intelligence Group di Philadelphia, Amerika Serikat.

Foopak Bio Natura dinilai berhasil menggantikan plastik, busa dan kemasan makanan berlapis polietilena (PE), dengan bahan alternatif yang lebih berkelanjutan, yaitu kertas karton yang dapat terurai alami sepenuhnya.

Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP-Sinar Mas Elim Sritaba menyatakan, keberhasilan meraih penghargaan Sustainability Product of the Year menegaskan komitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan di semua bidang operasi APP-Sinar Mas. “Tak hanya melakukan pengembangan produk, kami juga berkomitmen untuk  memberikan solusi yang dibutuhkan pelaku bisnis lainnya dalam menjalankan praktik keberlanjutan ini,” kata Elim dalam pernyataannya, Jumat (20/7/2018).

Foopak Bio Natura mampu menahan panas hingga 220 derajat Celcius dan dirancang khusus untuk menjadi  suatu wadah untuk minuman panas maupun dingin, serta kemasan makanan lainnya. Foopak Bio Natura pun dinilai bisa menjawab kebutuhan para pelaku industri makanan akan produk kemasan berkualitas yang lebih berkelanjutan.

Kemasan Foopak Bio Natura telah bersertifikat Food and Drug Administration (FDA) dan memenuhi standar berdasarkan Panduan Kelestarian Federal Trade Commission (FTC) terkait kemampuannya untuk terurai secara alami dan beralih fungsi sebagai kompos. Pengujian oleh Isega Institute menunjukkan bukti ilmiah bahwa produk ini dapat terurai seluruhnya hingga kembali ke alam dalam 12 pekan. Selain itu, Foopak Bio Natura juga dapat dibuat menjadi kompos secara aman, baik di fasilitas khusus ataupun di rumah.

Foopak Bio Natura pertama kali dijual secara komersil di UK, India, Thailand, dan diluncurkan di Amerika Utara tepatnya pada Pack Expo Las Vegas, September 2017.

Senior Vice President dan Global Business Unit Head APP-Sinar Mas Felix Koh menuturkan, Foopak Bio Natura menawarkan serangkaian produk kemasan berkelanjutan yang komprehensif. “Dengan demikian, industri makanan dan restoran kini mendapatkan kemudahan akses menggunakan bahan kemasan alternatif yang berkelanjutan dan dapat terurai secara alami,” katanya

The Sustainability Awards merupakan ajang apresiasi bagi para individu, tim, dan organisasi yang telah berhasil mewujudkan komitmen keberlanjutan sebagai bagian integral dari praktik bisnis atau keseluruhan misi perusahaan mereka. APP-Sinar Mas bergabung dengan jajaran pemenang The Sustainability Awards lainnya seperti P&G, Danone North America, Hilton Software, Seed Phytonutrients, dan Dow Chemical. Sugiharto