Mentan Ajak Elemen Sektor Pertanian Bantu Korban Gempa Sulteng

0
145
Mentan Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengimbau dan meminta seluruh jajaran lingkup Kementerian Pertanian untuk mendukung gerakan kemanusiaan dalam rangka pogram pemulihan akibat bencana Gempa Bumi di Kota Palu,  Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

“Kementerian Pertanian (Kementan) punya pegawai kurang lebih 27.000 orang. Saya kira kalau semuanya menyumbang Rp10.000 hingga Rp50.000 itu ringan bagi mereka,” ungkap Amran saat upacara ‘Kesaktian Pancasila’ di Jakarta, Senin (01/10/2018).

Menurut Amran, saat terjadi bencana gempa Lombok,  Kementan melibatkan stakeholders berhasil menggalang dana hingga Rp2 miliar, yang sudah disalurkan melalui program pasca bencana di Lombok. Sedangkan, untuk bencana di Sulawesi Tengah sudah terkumpul mencapai Rp10 miliar.

“Alhamdulillah  untuk korban gempa lombok sudah terkumpul Rp2 miliar dan untuk gempa Palu hingga hari ini sudah Rp10 miliar untuk dua daerah gempa,” jelasnya.

Sementara itu, Kementan akan memobilisasi bantuan Teknis dan Sarana Prasarana untuk Pemulihan Pasca Bencana. Selain masyrakat umum juga memiliki berbagai Unit Kerja Pelayanan Tehknis (UPT) di Sulawesi Tengah, seperti Stasiun Karantina Pertanian di Bandara dan Pelabuhan Laut serta BPTP di Kota Propinsi.

Masing-masing Unit Kerja di lingkup kementerian pertanian, khususnya Badan Karantina dan Badan Litbang Pertanian membentuk Posko Bencana. Melayani internal Kementan serta terlibat langsung dengan Posko Nasional di bawah kendali Kemenpolhukam. Sabrina