Forum DAS Dukung Pengelolaan Berkelanjutan

0
50
Hulu Sungai Citarum

Sebanyak 115 Forum Kordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) telah terbentuk di seluruh Indonesia saat ini. Forum multi pihak itu diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah untuk mendukung pengelolaan DAS secara berkelanjutan.

“Peran Forum DAS sangatlah diperlukan karena merupakan wadah koordinasi, konsultasi dan komunikasi para pihak berbasis komitmen bersama yang kuat untuk mendukung pengelolaan ekosistem DAS secara profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan,” kata Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan IB Putera Parthama saat pembukaan Pertemuan Forum DAS Tingkat Nasional di Bogor Kamis (8/11/2018).

Dari 115 Forum DAS yang telah terbentuk, sebanyak 40 Forum DAS disahkan melalui surat keputusan Gubernur, 61 Forum DAS di tingkat kabupaten/kota, 11 Forum DAS hasil inisiasi LSM dan 3 Forum DAS Lintas Provinsi.

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pengurus Forum DAS dari seluruh Indonesia. Putera berharap, pertemuan yang digelar bisa memicu peran nyata Forum DAS dalam pengelolaan DAS berkelanjutan. Sugiharto