Indah Kiat Bantu Warga Budidaya Ikan Lele

0
550
Camat Serpong Utara Bani Khosiyatullah (ketiga dari kiri), Head of Sustainability Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin (keempat dari kanan), dan pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya (ketiga dari kanan) berfoto bersama di area budidaya ikan lele di Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara.

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan budidaya ikan lele.

“Sebelum menerima bantuan dari Indah Kiat Tangerang, panen kami kurang maksimal, bibit lele seringkali hilang karena waring (jaring) yang kami punya tidak bagus. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Indah Kiat Tangerang, hasil panen lebih maksimal, kualitas meningkat hampir 60%,” ungkap Pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya, di Tangerang  Selatan, Senin (18/3/2019).

Pokdakan berhasil memanen 1.000 kilogram ikan lele untuk sekali panen. Untuk saat ini, sudah ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Tangerang. Program ini telah berjalan sejak Desember 2018 lalu.

“Di Pokdakan ini, perusahaan memberikan bantuan 24 ribu bibit lele sangkuriang, pangan, waring (jaring), serta bambu. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian,” kata Head of Sustainabilty Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin.

Indah Kiat Tangerang juga telah melakukan pengembangan budidaya ikan lele di Kelurahan Pakulonan (Kampung Marga Jaya), Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan sejak Mei 2016. Kini terdapat lima kelompok, empat kelompok pembesaran, serta satu kelompok pembibitan di Kampung Marga Jaya dengan kemampuan panen ikan lele sejumlah satu ton per tiga bulan.

Indah Kiat Tangerang juga telah berhasil membina pokdakan di Kelurahan Pakualam sejak April 2015, hingga kini memiliki kemampuan panen ikan lele sejumlah 500 kg per tiga bulan. Sugiharto