Gandeng Inkopol, Bulog Serius Perluas Distribusi Pangan ke Keluarga Besar Polri

0
108

Perusahaan Umum (Perum) Bulog benar-benar serius dalam mendistribusikan bahan pangan yang ditanganinya  kepada seluruh keluarga besar Polisi Republik Indonesia (Polri). Hal itu dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkopol). Kerjasama ini juga meliputi pengembangan jaringan bersama untuk pendistribusian komoditas Perum Bulog serta kerjasama lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Acara penandatangan kerjasama tersebut berlangsung di kantor pusat Inkopol, Jakarta, Senin (05/08/2019) yang dilakukan langsung oleh Direktur Komersial Bulog Mansyur dan Ketua Inkopol Irjen polisi (purn) Yudi Sushariyanto, disaksikan sejumlah pejabat kedua lembaga.

“Kerjasama ini secara khusus akan menjadikan Bulog sebagai institusi yang semakin kuat,dan penting, karena melalui kerjasama ini mewujudkan pemenuhan kebutuhan komiditi pangan pokok bagi masyarakat melalui Inkopol,” kata Mansyur.

Menurut Mansyur  kesepakatan ini menjadi penting, karena merupakan upaya untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan, sekaligus sebagai upaya mempertahankan hubungan baik yang telah terjalin selama ini.

Pada kesempatan yang sama, Mansyur menjelaskan bahwa kerjasama ini juga merupakan salah satu bentuk upaya memperkenalkan produk Bulog yang sehat, berkualitas dan terjangkau. Dan pada akhirnya dapat menekan inflasi pangan.

Sementara itu, Ketua Inkopol Yudi Sushariyanto mengatakan, dengan adanya kepastian pasokan pangan antara Inkopol dan Bulog, maka akan membantu pemerataan pasokan pangan ke masyarakat, khususnya keluarga besar Polri, baik anggota aktif, keluarganya dan pensiunan, serta para pegawai negeri sipil Polri.

“Kita membantu Bulog, karena perannya yang mulia, yaitu memastikan ketersedian dan keterjangkauan pangan serta stabilissi harga. Dengan demikian keluarga besar Polri secara nyata turut mendukung kebijakan pemerintah,” kata mantan Komandan Korps Lalu Lintas Polri (Dan Korlantas) itu.

Sebagai BUMN yang mengemban amanah untuk mewujudkan kedaulatan pangan negara, Perum Bulog terus melakukan sinergi dengan berbagai lembaga pemerintah, BUMN, dan instansi lainnya demi mewujudkan salah satu misi Perum Bulog yaitu Menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas komoditas pangan pokok.

Perum Bulog melalui Divisi Penjualan Distributor melakukan pendistribusian pangan pokok dengan Merek KITA seperti Beras KITA, Minyak Goreng KITA, Gula Manis KITA, Terigu KITA, dan Daging KITA ke seluruh Koperasi yang ada di wilayah Polri.

Perum Bulog juga berkerjasama dengan Satgas Pangan yang telah sukses mencegah permainan oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan dengan memanfaatkan lonjakan harga pangan; dimana kesuksesan tersebut tercermin dari stabilnya tingkat inflasi nasional khususnya inflasi bahan pangan pada tahun-tahun ini. Buyung N