Unwaha Jombang Kirim 55 Mahasiswa ke Thailand

0
47

Dalam rangka menghadapi persaingan di era 4.0, perguruan tinggi harus menyiapkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi persaingan lapangan pekerjaan. Untuk itu, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang (Unwaha) terus membekali mahasiswanya dengan berbagai ilmu dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Salah satunya adalah dengan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri.

Bekerjasama dengan International Collage University Technology of Krungtep, Bangkok Thaliand. Setiap tahun,  mahasiswa Unwaha dikirim ke beberapa lembaga di dunia untuk memperoleh pendidikan tambahan berkaitan dengan persaingan dunia kerja.

Sejak pertama berdiri pada tahun 2014 yang lalu, berturut turut Unwaha telah mengirimkan mahasiswa ke Rajamangala University Technology of Lanna Chiang Mai, Chulalongkorn University Bangkok Thailand, Korea University Seoul, dan ICUTK Bangkok Thailand.

Salah satu alumni Unwaha, Minanurrahman Muslimin S.Pd.I. yang saat ini mengelola lembaga pendidikan menyampaikan manfaat dari program ini sangat dirasakan saat menghadapi dunia kerja pasca lulus menjadi sarjana. Persaingan dunia kerja yang  ketat memaksa sarjana harus memiliki skill dan pengetahuan tambahan yang unggul dari pesaing lainnya.

Di Unwaha Jombang, dia merasakan keduanya ditempa dengan maksimal. Sebagai contohnya adalah bahwa calon lulusan Unwaha setidaknya diwajibkan memiliki kemampuan dalam bahasa arab, bahasa inggris dan komputer dasar. Termasuk pula penyelenggaraan program kuliah sandwich/ sit in, magang dan skripsi di luar negeri maupun di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia yang diselenggarakan Unwaha sangat signifikan dampaknya.

Sementara itu, Ketua pembina Unwaha, KH. Hasib Wahab Hasbullah juga menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa Unwaha saat ini sekitar 2.500 mahasiswa/i yang beragam harus memiliki kualitas lahir bathin untuk menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin kompetitif.

“Tanpa bekal yang cukup, maka lulusan perguruan tinggi manapun akan sulit bersaing di dunia kerja,” katanya.

Di tempat terpisah, Rektor Unwaha, Dr. H. Anton Muhibuddin menyampaikan bahwa Unwaha akan komitmen untuk menyiapkan sarjana yang kompetitif. Penataan kurikulum dan road map penelitian juga dilakukan Unwaha untuk mendukung tujuan tersebut.

“Sebagai buktinya, tahun ini puluhan hasil penelitian mahasiswa berupa software maupun temuan lainnya sudah banyak digunakan masyarakat dan industri sehingga menghasilkan keuntungan finansial bagi mahasiswa maupun lembaga,” jelasnya.

Pada acara pelepasan keberangkatan mahasiswa Unwaha ke Thailand untuk tahun ini dilakukan oleh Bupati Jombang didampingi Rektor Unwaha di Pendopo Kabupaten Jombang. Sebanyak 55 mahasiswa Unwaha akan menjalani program di Bangkok Thailand selama 1 bulan tanpa dipungut biaya. Shanty