Siswa Sekolah Dilatih Semai Benih Pohon

0
78
Penyuluh BDLHK Bogor, Ivan Maulana memberi penjelasan kepada siswa sekolah peserta One Day Outdoor Learning pembuatan semai dan penanaman pohon di Rumpin, Bogor, Selasa (12/11/2019).

Korea Indonesia Forest Center (KIFC) bekerja sama dengan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Bogor dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Citarum Ciliwung-Bogor menggelar One Day Outdoor Learning di bidang pembuatan semai dan penanaman pohon untuk siswa sekolah.

Menurut Co Director KIFC Sugeng Marsudiarto kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan cinta terhadap pohon dan hutan bagi  para siswa sekolah. “Peserta juga diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan semai dan penanaman pohon yang baik,” kata dia saat pembukaan kegiatan di  Rumpin, Kabupaten Bogor, Selasa (12/11/2019).

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Camat Rumpin Rusliandy dan Kepala BDLHK Bogor Kusdamayanti. Peserta yang terlibat dalam kegiatan itu adalah siswa sekolah tingkat dasar (SD), sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP), dan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). Ada 120 siswa yang yang mengikuti kegiatan yang akan dilangsungkan secara bertahap selama tiga hari.

“Siswa dan siswi sekolah yang memiliki sikap dan  perilaku cinta terhadap pohon dan hutan ini diharapkan kelak dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya maupun di lingkungan tempat tinggalnya,” kata Sugeng. Sugiharto