Pantau Bencana Lingkungan, KLHK Luncurkan Mobil Laboratorium

0
279
Kepala BLI KLHK Agus Justianto (tengah) didampingi Kepala Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Herman Hermawan (kiri) mendengar penjelasan tentang fasilitas pengujian kualitas lingkungan dari salah satu petugas saat peluncuran mobil Laboratorium di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI KLHK) meluncurkan mobil laboratorium untuk mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan.

“Peluncuran mobil Laboratorium ini merupakan salah satu kiprah KLHK untuk memberikan respons secara cepat terhadap kejadian ancaman pencemaran lingkungan yang dapat terjadi sewaktu waktu, dengan semakin banyaknya aktivitas manusia baik secara perorangan, kelompok maupun industri yang menghasilkan limbah cair maupun padat yang berbahaya terhadap manusia maupun ekosistem,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BLI KLHK Agus Justianto, di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Menteri menyatakan, mobil laboratorium ini memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas pemantauan, pengawasan dan pengaduan pencemaran lingkungan di daerah. KLHK melalui Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan-BLI KLHK telah melakukan inisiasi untuk menyediakan mobil laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan pengambilan sampel lingkungan dan pengujian parameter lingkungan yang akan  dioperasikan di wilayah Provinsi Banten,  Jawa Timur, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Timur.

Kepala Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan-BLI KLHK Herman Hermawan menjelaskan mobil laboratorium yang diluncurkan ini berisi fasilitas untuk melakukan pengambilan sampel dan pengujian kualitas lingkungan dengan ruang lingkup pengujian yaitu Udara (8 parameter), Air (30 parameter) dan Padatan (10 parameter).  Sugiharto