Kementan Kantongi Data Termutakhir Luas Sawah

0
274
Mentan Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa data termutakhir luas lahan sawah sudah diperoleh sejak 1 Januari 2020.

“Kita sudah punya single data sejak 1 Januari dan sudah di rujuk bersama-sama bahwa tidak diumumkan secara terbuka, hanya menunggu momentum yang  tepat,” ujar Menteri Syahrul di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA), Kementerian Pertanian, Jakarta,  Jumat (31/1/2020).

Pada Oktober lalu, Kementan sempat mengumumkan bahwa terjadi kesalahan pada data luas lahan baku sawah. Padahal, tahun 2013 luas lahan sawah sekitar 7,7 juta hektare (ha) dan semakin berkurang pada tahun 2018 menjadi luas sawah 7,1 juta ha. Sementara luas lahan sawah yang hilang sekitar 600 ribu ha.

Dalam kesempatan tersebut menyatakan untuk memberikan tindakan tanpa kompromi bagi pihak yang melakukan alih fungsi lahan pertanian karena dapat mengancam ketersediaan dan ketahanan pangan dalam negeri. Ia pun mengingatkan agar pihak pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian benar-benar menjaga keberlangsungan lahan pertanian agar tidak beralih fungsi.

Atiyyah Rahma