Kontes dan Festival Louhan Makin Menjamur

0
94
Imam, penghobi dan pembudidaya louhan dan juga salah satu sekretaris di salah satu komunitas louhan di Yogya Wilayah Utara

Dimulai dari kontes kontes, louhan perlahan mulai bangkit lagi. booming ikan louhan terlihat dari makin menjamurnya kontes dan festival di berbagai daerah. Semakin banyak penghobi yang juga diwadahi dengan komunitas-komunitas louhan. Sekarang ada sekitar 17.000 komuntas dari berbagai daerah di Indonesia. Di Yogya sendiri ada sekitar 3.000-an komunitas Louhan.

“Melalui kontes dan festival louhan dikenalkan kembali, mengangkat kualitas, tidak hanya dikenal jenongnya saja. Tetapi ada sampai 8 aspek.  Kepala, warna, body, mutiara marked, face, printil, sirip dan ekor, impretion. Dengan kontes kontes itu agar masyarakat awam juga tahu, kualitas louhan,”  papar Yosie, panitia kontes louhan yang juga penghobi louhan, saat ditemui dalam satu even kontes louhan di Sleman City Hall, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Mengenai kontes louhan, dia menjelaskan secara umum, kontes louhan dibagi sesuai kriteria jenis ikannya. Biasanya kelas jenis yang dikonteskan terdapat 6 kelas, cencu, kamfa, free marking, bonsai, klasik, dan golden base. Dan dari 6 kelas ini dipecah lagi tiap jenis.

Louhan sampai sekarang tetap menjanjikan. Keuntungannya bila memilih ini sebagai bisnis, merupakan bisnis peternakan ikan yang menguntungkan. Sebab pemasaran ikan louhan terbilang mudah, tidak rewel.

Seperti yang disampaikan juga oleh Imam, penghobi dan pembudidaya louhan dan juga salah satu sekretaris di salah satu komunitas louhan di Yogya Wilayah Utara. Dia menggeluti louhan selama bertahun tahun dan merasakan betul hasilnya.

“Saya memulai dari ikan kecil, sampai bisa masuk dan juara dalam kontes. Yang penting harus dirawat dengan benar. Dengan hati, dengan kesungguhan. Mungkin banyak yang bilang sulit, bagi yang belum menggeluti memang terlihat sulit. Sama juga misal saya melihat penghobi atau ternak lain, akan terlihat sulit. Karena saya tidak mencobanya.  Tetapi saat kita memulainya, semua berjalan dengan sendirinya. Asal kita komitmen dengan waktu dan pemeliharaannya maka akan berjalan dengan mudahnya. Sebab untuk makanpun bisa mudah kita dapat atau kita ramu sendiri.” kata Imam

Mengenai even kontes, Iman sangat setuju bahkan berharap dalam satu tahun bisa lebih dari 2 kali kontes. Menurut Imam, “Dalam even kontes ini, akan memberi banyak ilmu dan manfaat dalam mengembangkan hobi kita. Di even seperti ini bisa jadi pasar juga, karena akan ada tawar menawar louhan, apalagi kalau sudah masuk nominasi juara, yang melirik banyak. Louhan bisa jadi hobi dan bisnis yang menguntungkan.”

Dalam hal kemudahan mengembangbiakkan, ikan louhan ini termasuk dalam jenis ikan hibrida yang bisa berkembang biak dengan ikan lain selama masih berada dalam satu keluarga Cichlidae. Jadi bisa mendapatkan jenis-jenis ikan louhan yang unik dan berbeda dari yang lain. Di sisi lain, karena ikan louhan adalah ikan hibrida, dia tidak mudah terkena penyakit. Sehingga untuk pemeliharaannya pun terhitung cukup mudah dan tidak merepotkan.

Anna Zulfiyah