Montaji, Nggak Lagi Repot Peras Lemon karena Tanpa Biji

0
47
Varietas lemon tanpa biji Montaji Agrihorti

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak dikonsumsi masyarakat. Meski masam, namun lemon banyak mengandung manfaat. Tapi kita terkadang terganggu dengan adanya biji dalam jeruk tersebut.

Eits, tenang saja. Kini ada varietas lemon tanpa biji Montaji Agrihorti. Varietas hasil penelitian para peneliti Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropika (Balitjestro) Batu, Jawa Timur itu telah dilepas ke publik pada 2018.

Kepala Balitjestro Harwanto menuturkan Montaji Agrihorti dapat tumbuh baik di media tumbuh terbatas seperti pot sebagai tabulampot atau di lapang. Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun dengan produksi 8-13 kg/pohon/pot.

“Keunggulan buah ini adalah kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi. Ciri lain dari buah ini adalah tanpa biji atau seedless,” urai Harwanto seperti dikutip Agro Indonesia, Sabtu (23/5/2020).

Jeruk Lemon Montaji Agrihorti memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, selain itu juga terkandung asam sitrat, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5 dan senyawa mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Lemon sendiri dipercaya membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry  menuturkan,  Balitbangtan memiliki koleksi Sumber Daya Genetik (SDG) Jeruk cukup besar serta telah menghasilkan benih pokok jeruk bebas penyakit yang dikelola Balitjestro dan tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

“Dengan adanya pengembangan buah jeruk oleh Kementan di Balitjestro Batu, produksi jeruk di Indonesia diupayakan terus meningkat dengan kualitas ekspor yang tidak kalah dengan jeruk negara lain,” ujarnya.

Balitbangtan dalam beberapa tahun terakhir telah merilis 6 varietas baru jeruk fungsional diantaranya Nimas Agrihorti, Puri Agrihorti , Sari Agrihorti Montaji Agrihorti, Nipis Borneo dan  Kalamansi FR.

Atiyyah Rahma