Alliance to End Plastic Waste Kampanyekan Pengurangan Sampah

0
59
Aktivitas memungut sampah (foto: Alliance to End Plastic Waste)

Organisasi nir laba Internasional Alliance to End Plastic Waste mengumumkan kampanye global untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan dalam rangka memperingati World Clean-up Day 2020.

Gerakan ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP akan dimulai pada World Clean-up Day 2020, Sabtu (19 September). Selama dua pekan ribuan sukarelawan dari Alliance to End Plastic Waste, karyawan dari perusahaan anggota dan non-anggota yang berpartisipasi serta mitra akan mencari, mengidentifikasi, mengumpulkan, dan membuang sampah apa pun yang mereka temukan di lingkungan sekitar mereka.

Memanfaatkan jaringan global dari para anggota Alliance to End Plastic Waste, gerakan tersebut diharapkan bisa memberikan edukasi kepada lebih dari satu juta orang tentang pentingnya membersihkan sampah.

“Besarnya tantangan sampah global bisa terasa menakutkan, namun meningkatnya partisipasi jutaan orang dalam World Cleanup Day di Indonesia selama dua tahun terakhir telah menunjukkan bahwa banyak organisasi dan masyarakat yang ingin ambil bagian dalam gerakan ini,” kata Jacob Duer, Presiden dan CEO Alliance to End Plastic Waste dalam pernyataannya, Jumat (11/9/2020).

Kampanye ini akan mendapat dukungan dari aplikasi Litterati, pemenang program inkubator yang diadakan oleh Alliance to End Plastic Waste dan Plug and Play di Amerika Serikat. Aplikasi Litterati memungkinkan kegiatan pengambilan sampah dipantau dengan data konkret. Harapannya ada perubahan untuk jangka panjang mulai dari perubahan perilaku hingga membuat perusahaan mengubah kemasan mereka agar ramah lingkungan dan masih banyak lagi.

Litterati menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi sampah di lingkungan melalui foto dengan tag lokasi. Semua peserta akan menggunakan aplikasi Litterati yang inovatif untuk mengunggah foto dari setiap sampah yang dikumpulkan untuk mengetahui dan melacak partisipasi peserta selama dua minggu masa kampanye.

Jacob Duer menyatakan pihaknya mengundang mengundang perusahaan, organisasi, atau bahkan masyarakat di mana pun, termasuk di Indonesia, untuk berpartisipasi dalam kampanye yang digelar hanya dengan mengunduh aplikasi Litterati dari App Store atau Google Play Store. Kemudian buka aplikasi Litterati dan masukkan kode: “CLEAN.”

Sugiharto