Keren, BKSDA Bali Bikin Kunjungan Online ke Kebun Binatang

0
919
orangutan di salah satu kebun binatang

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita diam di rumah saja untuk mencegah penularan. Pemerintah bahkan sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota untuk mencegah pergerakan masyarakat secara masif.

Namun, kita yang mau mengunjungi kebun binatang untuk melepas stres masih bisa loh. Tidak secara langsung melainkan daring (online), seperti yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Tim Media Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Bali melakukan acara Live Instagram dengan tema “Satwa Kami Baik-baik Saja” mulai 23 April 2020 untuk memberi kesempatan publik melihat berbagai satwa yang ada di sejumlah lembaga konservasi di Bali. Kegiatan itu juga bertujuan untuk  memberi informasi aktual kondisi satwa liar yang ada.

“Sampai saat ini kondisi satwa liar yang ada di Lembaga Konservasi dalam kondisi sehat dan sudah mendapatkan perlakuan sesuai dengan kaidah kesejahteraan satwa” jelas Kepala Balai KSDA Bali, R. Agus Budi Santosa dalam keterangan persnya (22/4/2020).

Kunjungan langsung ke kebun binatang saat ini sesungguhnya juga tidak bisa dilakukan, karena ditutup oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencegah penularan Covid-19.

Selama seminggu kedepan, kita dapat melepas kangen melihat satwa liar dengan menyaksikan live instagram setiap harinya dari sembilan Lembaga Konservasi atau Kebun Binatang berbeda. Berturut-turut mulai tanggal 23 April dari Bali Zoo, Bakas, Bali Bird Park dan Rimba Reptil, Taro, Taman Safari and Marine Park, Torta Benoa Eksotik, Bali Elepant Camp (Kasianan) dan Taman Kupu-kupu dan PPS Bali.

Dengan innovasi Live Instagram ini, BKSDA Bali akan terus menampilkan konten-konten terbaru sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. “Melalui kegiatan ini pula, ‘Biarkan Kami Yang Menyampaikan Kangen Kalian Kepada Satwa Liar di Kebun Binatang, Kalian Tetap Dirumah Saja’”, kata Agus Budi.

Sugiharto