Perkuat Daya Tahan Tubuh, Kementan Sarankan Komsumsi Jagung Ungu

0
605
Jagung ungu

Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal), Kementerian Pertanian (Kementan), Muhammad Azrai, mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi jagung ungu. Pasalnya jagung ungu dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Menurut Azrai, jagung ungu memiliki kandungan antosianin yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan antosianin adalah antioksidan kuat yang berguna dalam membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

“Banyak manfaat yang terkandung di dalam jagung ungu untuk kesehatan manusia, salah satu fungsinya adalah menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh” ujar Azrai di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (4/5/2020) 

Selain itu, Antosianin jugs untuk mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah Kemudian antosinin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan.

Kemudian, Warna ungu yang terdapat pada jagung ungu disebabkan oleh tingginya kandungan antosianin, khususnya jenis Chrysanthemin (cyanidan 3-O.glucoside), pelargonidin (3-O-B-D-Glucoside). Antosianin berasal dari bahasa Yunani, anthos yang berarti bunga sementara kyanos berarti biru. Antosianin yang mengatur warna biji seperti ungu, violet dan merah yang banyak terkandungan dalam sayur dan buah.

Atiyyah