Harga Cabe Mulai Melonjak

0
565

Memasuki minggu kedua bulan Desember 2020, harga cabe rawit, cabe merah besar, dan cabe merah keriting, di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya fluktuatif cenderung naik.

Menurut data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, harga cabe rata-rata untuk cabe rawit Rp 41.000/kg. Sementara harga cabe merah besar keriting rata-rata Rp 46.000/kg dan cabe merah besar biasa Rp 50.000/kg.

Ketua Paguyupan Petani Cabe Indonesia Jawa Timur, sabtu (12/12/2020), mengatakan, memasuki musim penghujan sebagian petani mulai beralih menanam padi sehingga berdampak harga cabe cenderung mulai naik, baik pada cabe merah besar maupun cabe rawit merah dan cabe keriting.

Sementara persediaan cabe di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabe di Jawa Timur masih cukup tersedia. Sedangkan untuk harga cabe merah keriting, cabe merah biasa maupun cabe rawit di sentra cabe Pare Kediri cenderung fluktuatif naik karena pasokan dari petani sedikit berkurang.

Menurut data harga cabe di tingkat distributor sentra cabe Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada, Jumat (11/12)  fluktuatif naik dengan harga, untuk cabe besar varitas gada saat ini Rp 42.000/kg dan cabe merah besar varitas imola Rp 44.000/kg serta cabe merah besar keriting rata-rata Rp 41.000/kg.

Sedangkan harga cabe rawit merah kecil varitas gandrung rata-rata Rp 32.050/kg, cebe rawit varitas ori 212 Rp 33.000/kg, cabe rawit varitas loksl pagu dijual dengan harga Rp 32.000 /kg dan cabe rawit serta cabe rawit Ngamjuk Rp 27.000/kg

Harga cabe baik di pasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung naik, diharapkan harga cabe menjelang Natal dan tahun baru meskipun meskipun naik masih dalam batas kewajaran. “Naiknya harga cabe disentra cabe Kediri karena saat ini memasuki musim hujan dan cabe mudah busuk nila kenan air atau banjir ” ujar Suyono. Elsa Fifajanti