Yayasan Sarana Wana Jaya Hijaukan Tol Tangerang–Merak

0
219
Ketua Yayasan SWJ Boen M Purnama (kiri) dan Dirut PT Marga Mandala Sakti Kris Ade Sediyono (kanan) sebelum melakukan penanaman pohon di gerbang tol Balaraja Timur Tangerang

Sejalan dengan program beautifikasi jalan tol berkelanjutan Astra Tol Tangerang–Merak yang sudah dijalankan sejak tahun 2014, penanaman pohon kembali dilakukan. Kali ini bekerja sama dengan Yayasan Sarana Wana Jaya (SWJ).

Yayasan SWJ sebuah Lembaga yang dikelola oleh rimbawan senior dan selama ini dikenal sebagai pengelola Gedung Manggala Wana Bakti.

Namun 6 tahun terakhir pengelolaan itu sudah dikembalikan kepada negara dan kini gedung megah di kawasan Senayan Jakarta itu, milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Tak lepas dari sejarahnya itu Yayasan SWJ memberikan dukungan untuk menyumbangkan 1.120 pohon yang  ditanam di sejumlah titik jalan tol Tangerang–Merak.

Penanaman pohon ini juga untuk merupakan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional serta hari bakti ke-75 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kerja sama penanaman itu langsung dilakukan Dirut PT Marga Mandalasakti Dr. Kris Ade Sudiyono dan Ketua Yayasan SWJ Dr Boen M. Purnama  di gerbang tol Astra Infra Balaraja Timur, Rabu (10/12/2020) dengan tema ‘Bangkit dan Berlari Menuju Sustainable Green Ekonomi’.

Kris Ade berujar bahwa perusahaannya, memberikan perhatian khusus terhadap pelestarian lingkungan yang sejalan dengan program beautifikasi.

Penanaman pohon di jalan tol Tangerang-Merak

Adapun pohon yang ditanam kali ini sangat bervariasi, ada pohon kehidupan misalnya  buah-buahan mangga, duren, manggis, sirsak ada juga pohon tahunan seperti jati, trembesi, tanjung bahkan juga tanaman hias .

Kris Ade Sudiyono menjelaskan, penghijauan yang ditanam di sepanjang 72 Km tol Tengerang- Merak yang menjadi wilayah pengelolaan cukup bervariasi.

Di samping pohon tahunan dan pohon kehidupan tadi juga dikembangkan tanaman sayur mayur dan buah-buahan.

Sesuai dengan misi perusahaan tol yang berwawasan lingkungan atau tol yang hijau, maka perusahaan akan terus mengajak masyarakat terutama perusahaan yang berminat dan peduli dengan lingkungan hidup dengan menanam pohon.

Pada sisi-sisi lain khususnya yang kosong sepanjang 72 tol yang dimiliki oleh Marga Mandalasakti, akan diberikan keleluasaan bagi yang berminat dalam pelestarian alam dan lingkungan.

“Silahkan saja jika berminat untuk menanam pohon di sekitar jalan bebas hambatan ini. Kami akan memberikan perhatian khusus jika ada yang mau berperan.  Silahkan menghubungi kami, nanti kita kondisikan,” ujar Kris.

Penanaman pohon bersama Yayasan Sarana Wana Jaya dan PT Marga Mandala Sakti, pengelola tol Tangerang-Merak.

Hutan Alam

Sementara itu Boen Purnama mengatakan, Yayasan SWJ yang dipimpinnya akan terus mendorong semua pihak yang berminat untuk membantu pelestarian lingkungan di Indonesia.

Seperti yang yang kini bekerja sama dengan PT Marga Mandalasakti pengelola tol Tangerang–Merak.

Menurut Boen, kerja sama kali ini ini akan dijadikan sebagai momentum dalam kegiatan pelestarian alam bagi  non kehutanan.

Mengapa dimulai dari tol? Menurut Boen hal itu dikarenakan pembangunan tol tidak terbatas panjangnya. Jika kanan dan kiri lahan yang kosong itu ditanaman pohon maka dampaknya sangat positif sekali.

Bahkan nantinya bukan saja menanam pohon di sepanjang tol di seluruh Indonesia, namun juga diarahkan pelestarian hutan alam. “Kalau ada perusahaan swasta yang berminat membantu pelestarian alam, maka kita akan tampung dan kita ajak bekerja sama di dalam kawasan hutan” katanya. AI

Penanaman pohon bersama Yayasan Sarana Wana Jaya dan PT Marga Mandala Sakti pengelola tol Tangerang-Merak