Belajar Sambil Rekreasi di Wisata Alam Bumi Paseban Alami

0
206
Areal wisata Alam Bumi Paseban Alami

Panorama alam Sukabumi memiliki sejuta pesona. Banyak objek wisata yang indah mulai dari pantai, situs budaya, situs bersejarah, pegunungan yang hijau, sungai serta air terjun yang memanjakan mata.

Salah satunya adalah Bumi Paseban Alami (BPA) yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Selabintana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi wisata alam ini dahulu bernama Selabintana Pondok Halimun dan dikelola oleh Perum Perhutani yang selanjutnya diserahkan kepada Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian KLHK. Saat ini Bumi Paseban Alami dikelola dalam bentuk kerja sama antara Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian KLHK dan Yayasan Sarana Wana Jaya.

Lokasinya berada di 12 km dari kota Sukabumi kearah Selabintana, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango sebelah utara kota Sukabumi, Jawa Barat. Dekat saja,  hanya sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota Sukabumi baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Untuk menuju Bumi Paseban Alami, kita akan melewati lokasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Kemudian kita harus menyusuri jalan masuk yang tak terlalu lebar dan menanjak. Udara mulai terasa sejuk dengan suguhan pemandangan asri seperti areal pertanian sayur-mayur milik masyarakat dan hamparan kebun teh milik perusahaan Perkebunan Teh Goalpara.

Di sepanjang jalan terdapat banyak pepohonan yang dapat menyejukan hati dan pikiran. Hamparan kebun teh juga sangat cocok untuk berfoto selfie. Jalan yang dilalui akan semakin rindang hingga tiba di gerbang masuk Bumi Paseban Alami.

Areal Bumi Paseban Alami

Obyek Kunjungan Wisata dan Fasilitas

Berada di ketinggain 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) Wisata alam Bumi Paseban Alami menawarkan beragam aktivitas outdoor, seperti tempat berkemah, piknik di sungai, wisata air terjun, wisata edukasi, berbagai wahana outbond untuk anak-anak dan orang dewasa, serta aktivitas-aktivitas wisata berbasis minat khusus. Area parkir tersedia di dekat lokasi camping ground yang cukup luas sehingga dapat menampung banyak kendaraan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam disediakan fasilitas villa atau cabin penginapan.

Tempat berkemah atau camping ground terletak pada ketinggian 1.130 mdpl, lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Bumi Paseban Alami. Udara khas pegunungan yang segar dan dikelilingi lansekap alam yang indah yang dipadukan dengan gemericiknya suara air adalah kenyamanan yang dapat dinikmati pengunjung di lokasi camping ground.

Arealnya cukup luas sehingga tersedia beberapa pilihan lokasi untuk berkemah, baik untuk camping keluarga, gathering, dan outing yang dilengkapi dengan ketersediaan tenda dan perlengkapannya. Di lokasi ini disediakan fasilitas kamar mandi yang bersih, area bersantai di setiap sudut, dan area makan yang cukup luas.

Area bersantai di sini terbilang cukup unik dan menarik karena berupa cabin dan pondok kecil. Ketika berada di camping ground pengunjung dapat bermain air di sungai yang jernih dan banyak batu-batu besar sehingga dapat berfoto-foto. Di sekitar sungai juga terhampar lokasi untuk berfoto diantara batu-batu besar yang berserakan. Aliran air sungai tersebut dapat pula digunakan untuk river tubing yaitu meluncur bebas di sungai dengan memakai ban karet.

Menginap di tempat ini cukup aman sebab banyak petugas yang berjaga di sekitar lokasi. Lokasi camping ground ini cukup dekat dengan beberapa warung makanan dan warung kelontong yang menjual nasi bungkus, makanan instan dan minuman siap seduh, serta tanaman hias dan kerajinan tangan pernak-pernik hasil dari alam yang sangat unik. Ada pula ibu-ibu yang menyewakan tikar sambil berdagang di tempat wisata alam ini.

Tidak terlalu jauh dari lokasi camping ground terdapat obyek wisata air terjun curug Cibeurem yang airnya berasal dari sungai Cipelang yang membelah kawasan camping ground. Curug Cibeurem merupakan air terjun tertinggi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan ketinggian sekitar 60 m, terletak pada ketinggian 1.200 mdpl. Untuk mencapai air terjun ini telah disediakan jalur setapak yang diperkeras dengan batu, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 jam atau sekitar 2,5 km dari lokasi camping ground sambil menyusuri punggungan dan lembahan yang berada di bawah naungan rimbunnya tajuk pepohonan.

Curug Cibeureum memiliki tiga tingkatan terjunan air dengan lompatan air curug utama yang membentuk kolam cukup besar. Airnya berwarna hijau toska. Pengunjung dapat menikmati segarnya air curug dengan berenang, berendam, atau langsung merasakan kucuran air terjun dari atas batu. Lokasi ini terdapat habitat katak merah dan tempat tumbuhnya lumut merah yang merupakan tumbuhan endemik Gunung Gede Pangrango.

Areal Bumi Paseban Alami

Area bermain atau playing ground adalah tempat penuh keceriaan dan petualangan. Area ini menawarkan pengembaraan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak dengan berbagai macam kesukaan atau hobi. Dengan bermain di playing ground ini akan terbangun kecintaannya kepada alam.

Ada juga fasilitas Outbound. Ini adalah salah satu jenis kegiatan wisata yang menjadi buruan dan pilihan destinasi wisata keluarga, komunitas dan rombongan yang sedang berlibur.

Area outbound di Bumi Paseban Alami juga sudah dilengkapi dengan fasilitas listrik dan sumber air bersih langsung dari kran yang tersedia di sekitar camping ground atau dari sungai yang mengalir di area tersebut.

Edukasi

Bumi Paseban Alami dapat menjadi salah satu destinasi wisata edukasi, tempat wisata sekaligus menjadi tempat belajar. Di dalam area wisata terdapat banyak spot-spot menarik yang dapat dijelajahi untuk melakukan pengamatan berbagai jenis satwa seperti Elang Jawa, Owa Jawa, Macan, dan berbagai macam spesies katak.

Jenis-jenis flora endemik di Gunung Gede Pangrango seperti pohon pasang, saninten, rasamala, jamuju, puspa, agathis juga dapat menjadi obyek wisata edukasi yang menarik untuk diamati.

Di samping itu terdapat pula jenis paku-pakuan, rumput, lumut dan lain-lain yang cukup menarik sebagai obyek wisata edukasi. Batang-batang pohon yang telah lapuk di Kawasan Bumi Paseban Alami banyak ditumbuhi secara alami oleh jenis jamur kuping sehingga merupakan potensi untuk dikembangkan sebagai oleh-oleh khusus sepulang dari berwisata.

Di dalam area Bumi Paseban Alami terdapat spot-spot hutan untuk terapi kesehatan manusia atau healing forests yang memiliki potensi memberikan jasa terapi atau healing services untuk meningkatkan kesehatan.

Berkunjung ke Bumi Paseban Alami dapat menikmati udara yang sejuk dan suara gemericik air sungai yang jernih yang dapat menambah suasana hati makin tenang dan damai. Bagi pengunjung yang ingin menikmati nuansa alam secara langsung, penginapan di wisata alam ini dapat menjadi pilihan. Suasana sejuk dan penuh kedamaian seringkali dirindukan oleh siapa saja yang sehari-harinya disibukkan oleh berbagai urusan bisnis atau pekerjaan, sehingga berkunjung ke Bumi Paseban Alami adalah pilihan yang tepat.

(Setiasih Irawanti: Puskashut Yayasan Sarana Wana Jaya, Peneliti Utama Bidang Ekonomi Kehutanan dan Kebijakan Kehutanan (28.08.05), Pensiunan Pegawai Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim).