Tjipta Purwita Dikukuhkan Sebagai Ketua Penshutindo DKI, Siap Dukung Kesejahteraan Purnakarya

0
256
Pengda Penshutindo DKI Jaya 2021-2026 bersama Ketua Umum Peshutindo Pusat di Gedung Manggala Wanabakti

Pengurus Daerah (Pengda) Perkumpulan Pensiunan Kehutanan Indonesia (Penshutindo) DKI Jaya periode 2021-2026 dikukuhkan, Kamis di Jakarta, Kamis (23/12/2021). Dipimpin oleh Tjipta Purwita sebagai Ketua, Pengda Penshutindo DKI mendapat amanat untuk mendukung kesejahteraan Purnakarya.

Pengukuhan Penshutindo DKI dilakukan oleh Ketua Penshutindo Pusat Prie Supriadi. Dalam pesannya, Prie menekankan bahwa Penshutindo adalah organisasi sosial-kemasyarakatan nirlaba  dengan tujuan membangun  jiwa  korsa rimbawan  dan meningkatkan kesejahteraan anggota serta berperanserta dalam membangun negara di bidang kehutanan.

Karena itu selama kurun waktu 5 tahun ke depan, diharapkan Penshutindo mampu mewujudkan kemandirian organisasi dalam rangka meningkatkan tali silahturahmi dan membantu kesejahteraan anggota.

Adapun upayanya adalah  memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang antara-lain membuat wibesite Penshutindo sebagai sarana informasi, komunikasi dan promosi.

Kemudian, Melakukan pemutakhiran data  pensiunan kehutanan di wilayah; Meningkatkan pelayanan dan kepekaan terhadap kondisi para pensiunan; menciptakan usaha untuk membangun kemandirian diantaranya bisa bekerjasama dengan pihak ketiga; serta last but not least menggalang partisipasi aktif dari para pensiunan sendiri.

Penshutindo sebelumnya bernama Himpunan Pensiunan Kehutanan (HPK) dibentuk sebagaimana Akte Notaris yang telah disahkan oleh Menkumham RI No. 6 November 2020,

Sementara Pengda Penshutindo DKI Jaya ditetapkan berdasarkan hasil keputusan Musyawarah Daerah (Musda) yang berlangsung 16 November 2021 lalu di Jakarta.

Dalam perangkat organisasi hasil Musda, bertindak sebagai Penasehat Penshutindo DKI Jaya adalah  Indriastuti; Pembina Soewarni dan Wihadi; serta Pelindung Kepala BKSDA DKI Jaya, Abdul Qodir.

Sementara pengurus yang baru dikukuhkan adalah Ketua  Tjipta Purwita (menggantikan Hatnan Sasongko) dan Wakil Ketua Bambang Purnomo (Selengkapnya lihat grafis). Sat ini jumlah anggota Pengda Penshutindo DKI Jaya sekitar 8.000 orang yang telah terdaftar pada database.

Sebagai  organisasi yang menghimpun para purnakarya (ASN pada instansi pemerintah  maupun  BUMN/BUMS), Penshutindo telah melaksanakan  kegiatan yang bersifat sosial-kemasyarakatan  seperti  anjangsana  kepada  keluarga yang sedang sakit, melakukan perayaan hari-hari besar keagamaan, menyalurkan  bantuan dana kesehatan  dan  perawatan  kepada anggota yang  sakit/terkena musibah, santunan kepada kaum dhuafa, pemberian beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi, kegiatan sunatan masal, dan lain-lain.

Pengukuhan Pengda Penshutindo DKI Jaya oleh Ketua Umum Penshutindo Pusat Ir. Prie Supriadi, MM

Namun disamping itu, Penshutindo juga melakukan  kegiatan  kewirausahaan melalui terapi totok punggung (topu), serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang membantu penggalangan  dana organisasi, seperti Yayasan Sarana Wanajaya (YSWJ), Yayasan  Bina Raharja (YBR), Yayasan Fakir Miskin dan Yatim Piatu (Yahut), Perkumpulan Kematian Keluarga Kehutanan (PK3);  Unit Pelaksana Zakat (UPZ) Masjid Nurul Azam, dan lain-lain.

Pada  periode kepengurusan  2021-2026, pengurus baru mendapat amanat Musda untuk fokus  melaksanakan  program-kerja utama, diantaranya konsolidasi organisasi (pembenahan organisasi internal maupun eksternal), pemantapan  keanggotaan  organisasi  (inventarisasi anggota/registrasi melalui pembenahan database), komunikasi eksternal dengan media  (media cetak maupun elektronik) dan membangun website, memberikan bantuan/santunan kepada anggota  yang sakit/meninggal-dunia, melanjutkan pemberian beasiswa kepada putera-puteri anggota Penshutindo  yang berprestasi, menjalin kerjasama kemitraan  dengan  pelaku usaha,  kegiatan pengembangan seni dan budaya, olah raga (olah nafas dan olah gerak), bakti sosial, keterampilan pemanfaatan  limbah rumah-tangga, keterampilan keluarga (memasak, menjahit, kerajinan tangan, dan lain-lain), serta kegiatan terapi totok punggung untuk kesehatan.

Tjipta Purwita menyatakan, pengurus baru bertekad terus melanjutkan kegiatan yang telah berjalan baik pada kepengurusan sebelumnya, serta berharap  adanya peningkatan partisipasi dari organisasi pemerintah/non-pemerintah maupun individu guna meningkatkan peranserta organisasi  Penshutindo  agar dapat lebih berperan memberikan kesejahteraan bagi  para  purnakarya. *** Sugiharto

Perangkat Organisasi Pengda Penshutindo DKI Jaya 2021-2026

Penasehat:  Ir. Indriastuti, MM

Pembina: Dra. Soewarni, MM dan Ir. Wihadi

Pelindung: Kepala BKSDA DKI Jaya Dr. Abdul Qodir.

Ketua: Dr. Ir. Tjipta Purwita, MBA, IPU

Wakil Ketua: Drs. Bambang Purnomo

Sekretaris: Ir. Johannes Maryono dan Drs. Soebagyo

Bendahara: Dra. Ulin Safitri dan Aris Wining Suratmi, BSc

Seksi Organisasi dan Kelembagaan: Ir. Drs. Sudjoko Prayitno dan Ir. Darsono

Seksi Kewanitaan: Enny Saraswati, SH., MH., Dra. Indrawati, dan Dra. Yulinda

Seksi Kesejahteraan: Ir. Amrih Wikan Hartati dan Dra. Ninik Irawati

Seksi Kewirausahaan : Ir. Riyanto Andwitomo dan Ir. Jaja Suarja.

Pengda Penshutindo DKI Jaya dilengkapi dengan 4 Perwakilan  Wilayah

Wilayah Jakarta Pusat & Jakarta Utara: Ir. Sri Isbudi Hartati, MM. dan Ir. Rooslyndiani

Wilayah Jakarta Selatan & Depok: Ir. Chrisman Manurung dan Ir. Nurcahyadi

Wilayah: Jakarta Barat & Tangerang: Ir. Sanusi dan Drs. Anton Cahyono

Wilayah Jakarta Timur & Bekasi: Drs. Sardiyo Triatmodjo dan Sutarno.