Mentan Pastikan Stok Telur Ayam Aman Terkendali

0
67
Telur (foto: monicore dari Pixabay)

Menteri Pertanian (Mentan)  Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan stok telur ayam hingga beberapa bulan ke depan aman terkendali. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi perusahaan peternakan ayam petelur di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

“Stok telur masih ada dan masih tetap tersedia dengan cukup baik,” ujar Mentan SYL dalam pernyataan tertulis Minggu (9/1/2022).

Kemudian, SYL mengatakan bahwa ketersediaan telur maupun sumber daging lainya juga dalam kondisi yang cukup, tidak ada masalah apalgi terjadi kelangkaan.

“Saya bersama para integrator terus memacu penuh agar perternakan ayam, petelur dan pedaging kita terus mengalami peningkatan. Dan hari ini saya berada di tempat ini untuk memastikan bahwa peternakan ayam kita dapat memberikan efektifitas efisien yang lebih baik dengan cara-cara yang modern,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kenaikan harga telur yang terjadi beberapa waktu lalu disebabkan karena adanya momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Akan tetapi, kenaikan yang terjadi masih dalam kendali pemerintah, di mana harga yang ada masih dalam titik batas wajar.

“Sepanjang kenaikan itu dalam batas batas kendali pemerintah tentu kita tidak akan mengintervensi. Intervensi baru dilakukan apabila kenaikan ya melampaui batas tertentu. Barulah kita lakukan operasi pasar dan pendekatan-pendekatan lain,” tutupnya.

Atiyyah