Punya Beragam Potensi, Banten akan Perkuat Industri Mebel dan Kerajinan Nasional

Provinsi Banten memiliki beragam potensi yang dapat mendukung pertumbuhan industri nasional yang berbasis bambu, kayu, batu fosil dan daun pandan. Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion dan sekaligus Pengukuhan Pengurus DPD HIMKI Banten yang digelar Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) di Hotel eldian, Serang, Selasa (19/12/2023).
Pada diskusi FGD tersebut, para stakeholder di industri mebel dan kerajinan mengungkapkan beragam potensi provinsi Banten dalam mendukung pertumbuhan industri nasional ini yang berbasis bambu, kayu, batu fosil dan daun pandan.
Pada acara ini kami hadir lengkap dengan para pengurus lainnya yang membidangi berbagai bidang seperti bidang UMKM, pemasaran dan sebagainya.
“Bersama DPD HIMKI Banten, kami merencanakan Banten ini menjadi salah satu daerah yang berkontribusi besar terhadap pembangunan nasional, dalam hal ini sektor mebel dan kerajinan karena didukung oleh kesediaan bahan baku yang melimpah yang tersebar di seluruh wilayah Banten,” kata Ketua Umum HIMKI, Abdul Sobur.
Menurutnya, Banten juga merupakan wilayah yang sedang berkembang sangat pesat dengan perumahanperumahan elit yang bertebaran dimana-mana dikarenakan sebagai penopang Ibu Kota DKI Jakarta. Kota-kota Satelit yang ada di Banten akan mengalahkan Jakarta dalam 10 tahun ke depan.
“Potensi besar ini yang membuat kami melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik di tingkat provinsi maupun nasional agar industri mebel dan kerajinan di Banten bisa tumbuh, berkembang dan dapat mendukung pertumbuhan industri mebel dan kerajinan nasional seperti yang kami rencanakan,” papar Sobur.
Belajar dari keberhasilan China, ungkapnya, ternyata negara berjuluk tirai bambu ini lebih mengutamakan pasar dalam negeri. Produk mebel China dikonsumsi oleh sekitar 75 persen didalam negeri. Dengan demikian, jika kita mau ekonominya kuat dan maju, maka kita harus kuat dulu di dalam negerinya.
“Pasar dalam negeri harus kita kuasai dulu, untuk itu kita akan bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Untuk hal ini, kami minta agar pemerintah bisa menahan impor mebel dan kerajinan agar produk dalam negeri bisa eksis di pasar dalam negeri,” ucap Sobur.
Banten tercatat dalam sejarah memiliki posisi yang strategis yang menjadikannya sebagai salah satu pusat peradaban penting di Indonesia. Cerminan posisi geostrategis Banten saat ini merepresentasikan keunggulannya atas akses yang mudah terhadap sumber daya, infrastruktur pasar, dan juga pelayanan.
Banten merupakan wilayah penyangga ibukota negara, yakni Jakarta yang merupakan jantung pemerintahan dan perekonomian nasional. Hal ini menjadikan berbagai pelayanan dan urusan yang terkait dengan investasi yang berhubungan dengan Jakarta akan menjadi efektif dan efisien dalam penyelenggaraannya.
Sementara itu, Fahmi Ramadhana dipercaya menjadi Ketua HIMKI Provinsi Banten, menargetkan akan meningkatkan ekspor mebel dan kerajinan di Banten serta ikut serta dalam kontestasi pasar dunia.
“Ke depan HIMKI ini akan berupaya bagaimana agar usaha mebel dan kerajinan di Banten bisa dilirik dunia,” kata pengusaha muda sukses dan founder FH Grup itu.
Bersama HIMKI Pusat, ucapnya, HIMKI Banten juga tengah menggarap pasar lokal yang pasarnya terus meningkat hampir Rp 16 triliun per tahun.
Setelah membentuk kepengurusan HIMKI Banten, Fahmi juga telah menyiapkan beberapa program kerja, antara lain memberikan kesempatan yang sama terhadap para pengrajin dengan memberikan atau menyediakan market serta fasilitas produksi untuk keanggotaan.
“Dengan potensi alam yang melimpah ruah, HIMKI Banten lebih fokus untuk mengembangan usaha mebel dan kerajinan yang berbasis pada bambu, kayu, batu fosil dan daun pandan,” ucapnya.
Masing-masing pengurus daerah, menurut Fahmi, nantinya memiliki tugas untuk memberikan binaan kepada pengrajin, melakukan pelatihan, study banding dengan daerah atau provinsi yang lain.
“Kami berharap, industri mebel dan kerajinan Banten bisa lebih dikenal bahkan digunakan tidak hanya untuk pasar lokal melainkan pasar dunia juga harus tahu betapa bagusnya produk kerajinan Banten,” pungkasnya. Buyung N